10 DESSERT TERLEZAT DI DUNIA

  1. Tiramisu

Kamu akan jatuh cinta dengan kue ini hanya dengan satu suapan pertama. Sebenarnya tiramisu memiliki arti “pick me up” atau “lift me up”. Tiramisu asli yang berasal dari Italia terbuat dari telur, mascarpone cheese, ladyfingers cream, brandy, gula, rum, parutan cokelat atau cocoa. Yang ditekankan pada tiramisu adalah rasa kopi espreso yang kuat, makanya kalau makan tiramisu pasti rasa pahitnya agak kuat. Yang terpenting lagi adalah tingkat kelembekan ladyfinger yang ada di dalam lapisan tiramisu. Jadi kalau mau bikin tiramisu yang enak ya kuncinya adalah komponen-komponen tersebut. Tiramisu memang sudah populer banget di seluruh dunia, tapi kamu akan menemukan tiramisu terenak ya di Italia.

Tiramisu-Cocoa-Single-Sun

  1. Cheesecake

Cheesecake adalah dessert yang merupakan warisan dari masakan Eropa dan Amerika. Kue ini mengandung (tentunya) keju yang biasanya adalah jenis ricotta atau mascarpone, kemudian biskuit dan buah-buahan seperti strawberry atau blueberry. Dengan bahan-bahan tersebut, cheesecake nggak hanya enak tapi juga menyehatkan. Kamu bisa mencoba kue ini di negara manapun, tapi katanya sih yang paling lezat itu adanya di New York, Amerika Serikat. Di sini, kamu bisa mencicipi cheesecake klasik tanpa buah ataupun dengan buah di atasnya yang memiliki rasa super lezat dibanding dengan negara-negara lainnya.

cheesecake

  1. Pavlova

Pavlova adalah makanan penutup yang berasal dari dua negara yaitu New Zealand dan Australia. Keuntungannya ketika membuat dessert ini adalah bisa dipersiapkan dalam waktu yang cepat dan sangat mudah. Tapi mungkin kamu sulit menemukan kue ini di setiap coffee shop karena pavlova biasanya hanya ada di restoran. Atau kalau mau lebih hemat ya kamu bisa buat dengan cepat dan mudah di rumah. Tapi walaupun begitu, kalau kamu lagi jalan-jalan ke New Zealand/Australia kamu wajib mencoba pavlova ini karena rasanya memang yang paling lezat dibanding kamu bikin di rumah. Dan yang lebih menyenangkan lagi, pavlova bisa lho dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet karena kalorinya relatif rendah.

pavlova

  1. Baklava

Kalau kamu datang ke Turki, nggak sah kalau kamu belum cobain makanan yang namanya Baklava. Berita yang menyebar sih bilang kalau Baklava itu berasal dari Yunani karena Baklava memang cukup banyak di sini, tapi sebenarnya kue ini memang aslinya dari Turki. Bahan utama dari Baklava ala Yunani adalah madu. Sedangkan Baklava Turki berbahan utama sirup yang berasal dari gula, air dan jus lemon. Baklava dibuat dalam beberapa variasi bentuk yaitu gulung, kotal, spiral dan diamond. Makanan penutup ini dibuat dengan menumpuk lembaran-lembaran tipis menjadi lapisan yang terbuat dari butter. Kamu bisa mencoba Baklava di Turki dengan isian hazelnut, walnut, pistachio dan kacang jenis lainnya. Dijamin enak!

baklava

  1. Profiteroles

Perancis memang terkenal banget dengan dessertnya yang bermacam-macam dan tentunya enak banget. Kalau berkunjung ke sini kamu pasti bingung banget deh mau cobain kue apa. Salah satu dessert yang paling terkenal di sini adalah croissant, tapi kamu nggak boleh melewatkan yang namanya profiteroles karena inilah dessert terlezat dari negara menara Eiffel itu. Bentuk kue ini mirip dengan eclaire tapi diisi dengan es krim dan kemudian disiram saus cokelat. Kebayang dong enaknya?! Dessert ini sudah cukup mendunia, tapi rasain deh profiteroles yang asli hanya di Perancis.

ML201O1

  1. Apple Strudel

Mungkin banyak orang berpikiran kalau apple strudle sama aja kayak apple pie sederhana. Tapi setelah kamu cobain rasanya pasti pikiran itu hilang seketika karena merasakan kue yang enak. Rahasia kelezatan kue ini terletak pada ketipisannya. Bahkan saking tipisnya, kamu bisa baca koran di balik adonan apple strudle ini. Adonan itu kemudian diisi dengan apel, kayu manis, kismis dan remah-remah roti. Setelah dipanggang, apple strudle disajikan dengan es krim yang bikin rasanya jadi wow banget!

apple strudel

  1. Anmitsu

Negara Jepang memang terkenal sebagai negara yang kreatif salah satunya dalam hal makanan. Kalau kamu datang ke negeri sakura ini, pasti kamu akan menemukan banyak makanan yang mungkin nggak pernah kamu pikirkan sebelumnya sampai kamu nggak mau memakannya. Tapi jangan salah, di sini juga surganya kuliner-kuliner enak. Salah satu makanan yang menjadi dessert terenak di dunia adalah Anmitsu. Dessert ini terdiri atas jelly, kacang azuki, sirup (mitsu), es krim dan kacang polong rebus, kemudian disajikan dengan sirup black sugar. Jadi kalau kamu lagi liburan ke Jepang, jangan sampai kamu melewatkan dessert ini. Yakin kamu bakal lupain rasanya?

anmitsu

  1. Kurtoscalacs

Nggak hanya enak, makanan penutup ini juga punya bentuk yang unik dan lucu, jadi anak-anak pasti suka sama makanan manis. Bentuknya mirip dengan cerobong asap, makanya banyak yang bilang ini chimney cake atau kue cerobong asap. Kalau kamu pergi ke Hungaria, pasti kamu bakal banyak menemukan orang-orang yang memakan dessert ini, mulai dari anak-anak sampai ke orang dewasa. Kamu juga harus coba dong!

kurtoscalacs

  1. Churros

Orang-orang Spanyol biasanya sarapan dengan makanan ini, tapi nggak jarang juga Churros dijadikan snack untuk menamani minum kopi di sore hari. Selain dijualn di cafe dan coffee shop, churros juga udah jadi street food di Spanyol. Orang Spanyol sih bilangnya “a big French fry”. Dessert ini bisa dinikmati dalam bentuk yang tebal atau tipis dengan keadaan hangat dengan taburan gula halus dan madu.

churros

  1. Mango Sticky Rice Pudding

Nah kalau Thailand sih memang banyak banget bertebaran makanan-makanan aneh, mulai dari serangga goreng sampai buah-buahan yang dimakan pakai nasi, mango sticky rice pudding. Walaupun kelihatannya simpel banget tapi aneh, ternyata buah mangga yang segar cocok juga lho dimakan sama nasi apalagi ditambah sedikit santan, enak banget dan tentunya sehat. Nggak boleh kelewat deh kalau lagi ke Thailand!

mango sticky rice


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill