tofu skin roll

11 MACAM DIMSUM CIAMIK MENYAMBUT IMLEK

Imlek kurang dari seminggu lagi. Selamat bagi yang merayakannya. Perayaan Imlek yang juga sering disebut Sin Tjia pasti tak jauh dari makanan lezat. Kali ini Eager Diners akan mengulas makanan yang berkaitan dengan Imlek, tepatnya adalah Dimsum. Dimsum merupakan makanan tradisional kaum Cina yang disajikan didalam steamer bambu yang bertujuan untuk menjaga kehangatannya. Makanan ringan asal Tionghoa ini biasa dihidangkan di pagi hari dengan teh. Apa aja sih jenis-jenis dimsum? Simak yuk sobs!

1. Dimsum Hakau

Dimsum Hakau adalah dimsum yang diisi dengan udang. Lebih tepatnya udang yang dicacah dan diselimuti dengan kulit pangsit yang lembut, transparan dan mengkilat. Rasa udang yang gurih dan kulit yang kenyal pasti bikin kamu ingin nambah.

hakau

2. Dimsum Xiao Long Bao

Dimsum yang satu ini lagi happening banget di Jakarta, dari yang plain sampe yang warna-warni. Sebenarnya Xiao Long Bao hampir mirip dengan Hakau, bedanya yang ini berkuah. Kuahnya bukan diluar tetapi didalam. Sama seperti klepon, jika kita makan Xiao Long Bao, gigitan pertama akan muncrat kuah jahenya lumer di mulut.

xiao long bao

3. Dimsum ceker

Ceker atau bahasa kerennya Phoenix Claws biasa dimasak dan direndam bumbu saus Douchi agar meresap sampai tulang, ceker lalu dimasak dengan cara dikukus. Kulit ceker, garingnya tulang muda, dan bumbu spesial yang meresap pasti bikin kita terus nambah sampai bikin mulut kita celemotan. Benar-benar sangat menggugah selera.

dimsum ceker

4. Dimsum Mantau

Mantao adalah adonan yang dibuat seperti roti. Jadi seperti kita makan roti tanpa isi. Jika dibelah teksturnya sangat lembut dan jika dikunyah sangat kenyal sehingga satu pun tak cukup. Adapun yang digoreng dan dicocol dengan susu kental manis. Kerenyahan lapisan adonan dan saat digigit sangat chewy. Lezaaaat.

mantau

5. Dimsum Char Siu Bao

Dimsum Char Siu Bao sama seperti Mantao, bedanya jenis dimsum ini ada isinya. Dimsum yang satu ini juga sangat sering kita jumpai di tengah jalan, sering kali kita sebut Bakpao. Bao sebenarnya berarti dikukus. Tekstur nya hampir sama seperti roti. Sama dengan sebelumnya, jenis dimsum ini pada awalnya diisi dengan daging babi, tetapi karena berkembangnya jaman sekarang, isi-isinya banyak pilihan seperti daging ayam, sayuran maupun kacang merah, kacang hijau dan lainnya.

char siu bao

6. Dimsum Shaomai

Kalau yang satu ini pasti sudah tak asing terdengar. Shaomai atau Siomay biasa dibungkus pada kulit yang lebih tebal dari pada Dimsum Har Gow. Pada dasarnya, isi dari shaomai ini adalah daging babi, namun kebanyakan restoran di Jakarta menyediakan Shaomai dengan cacahan daging ikan, udang atau ayam. Cara dibungkusnya dibentuk seperti bunga, lalu dihiasi dengan telur kepiting diatasnya.

shao mai

7. Dimsum Lo Ma Kai

Jenis yang satu ini adalah nasi ketan yang dikukus dengan jamur, kerang, kepiting, daging dan potongan kacang. Lalu jika dimsum yang lainnya dibungkus dengan kulit sejenis lumpia, dimsum ini dibungkus dengan daun lotus yang bertujuan agar nasinya menjadi harum sehingga sulit untuk menolak memakannya.

lo ma kai

8. Dimsum Spare Ribs

Dilihat dari namanya Spare Ribs, ini adalah daging ribs babi atau sapi yang dipotong memanjang, dibumbui saus Douchi dan potongan cabai. Spare ribs ini dimasak dengan cara dikukus. Pedas-pedas empuk…hmm…nyam banget deh.

spare ribs

9. Dimsum steamed meatballs

Pada umumnya, ini adalah bakso. Bakso dibuat dari daging sapi pilihan yang dibumbui dan dibentuk bola-bola. Cara memasaknya dengan cara direbus dan diberi kuah rasa kaldu sapi. Siapa yang menolak empuknya daging bola dan kuah yang aromanya sedap ini. Mantabbbb.

steamed meatball

10. Dimsum tofu skin roll

Jenis dimsum ini juga beda dengan yang lain. Jika ada yang dibungkus dengan kulit lembek maupun garing, ada yang dibungkus dengan daun, dimsum Tofu Skin Roll diselimuti dengan kulit tahu. Tau kan tekstur kulit tahu seperti apa? Kenyal! Isinya bisa macam-macam, bisa sayur, bisa daging ayam, daging babi, dan jamur.

tofu skin roll

11. Dimsum spring roll

Kalo udah makan yang satu ini, mengingat kerenyahan dan isi gurihnya bisa lupa dengan segala hal. Spring Roll biasa diisi dengan wortel, daging cincang, jamur dan dibungkus dengan kulit. Cara memasak dimsum ini dengan cari digoreng di minyak panas agak renyah. Kressss….nyamm!

spring roll


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill