melelehkan coklat

3 Cara Mudah Melelehkan Coklat

Aloha Fans Baking, artikel kali ini akan membahas mengenai coklat. Kamu pasti sudah tahu kan coklat itu seperti apa dan bagaimana rasanya.

Coklat merupakan sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

Coklat sendiri biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat kue. Coklat yang digunakan berjenis dark coklat atau coklat batangan. Coklat batangan akan dilelehkan menjadi coklat cair. Untuk melelehkan coklat terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan.

Bagaimana cara melelehkan coklat? Berikut 3 cara melelehkan coklat.

3 Cara Mudah Melelehkan Coklat

  1. Potong kecil-kecil

Langkah pertama untuk melelehkan coklat yaitu potong coklat menjadi kecil-kecil, atau bisa diserut juga ya. Namun sebelum dilelehkan, jangan masukkan coklat ke dalam kulkas karena proses pelelehan akan menjadi susah. Jika sudah terlanjut disimpan di kulkas, keluarkanlah coklat terlebih dahulu hingga tidak dingin lagi.

  1. Beda jenis coklat beda besar api

Fans Baking, beda jenis coklat beda pula untuk besar api pada saat proses pelelehannya ya. Untuk jenis dark dan milk coklat, gunakan api sedang. Karena dark coklat cukup keras untuk dilelehkan. Sedangkan jenis coklat putih atau coklat berwarna, gunakan api kecil. Jenis coklat ini lebih mudah dilelehkan daripada dark coklat.

  1. Gunakan metode tim

Melelehkan coklat dengan metode tim. Alat – alat yang perlu dipersiapkan yaitu panci (gunakan ukuran kecil saja) yang diisi air kira – kira memenuhi setengah panci. Rebus air hingga panas. Gunakan wadah kaca tahan panas atau wadah alumunium sebagai wadah coklat yang sudah dipotong kecil-kecil atau diserut tadi. Kemudian masukkan wadah coklat ke dalam rebusan air. Aduk coklat hingga benar-benar meleleh.

Itulah 3 langkah mudah melelehkan coklat. Semoga bermanfaat. 🙂

Baca juga :

Tips Membuat Permukaan Roti Mengkilap

Teknik Dasar Membuat Kue Agar Tidak Gagal

Ingin mendapatkan tepung dengan kualitas terbaik? Tepung Sriboga solusinya. Gunakan tepung Sriboga untuk membuat masakan Anda menjadi semakin berkualitas. Sriboga telah menyediakan berbagai jenis tepung yang dikhusukan untuk membuat roti, kue, pasta, gorengan, mi, dan masih banyak lagi. Serta tersedia dalam berbagai kemasan. Anda hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Print

Sriboga, Tepung Pemanggang Proffesional

(62-21) 725 0240

[email protected]


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia