artikel-inspirasi-baking-1-3-cara-sederhana-membersihkan-microwave

3 Cara Sederhana Membersihkan Microwave

Bagi Anda yang memiliki hobby membuat kue pastinya pernah mengeluhkan microwave yang tampak kotor dan berbau. Beberapa makanan memang dapat meninggalkan noda dan bau yang tidak sedap dalam microwave. Meskipun hanya digunakan untuk sekedar menghangatkan makanan, memanggang kue, roti, dan lain-lain, microwave perlu dibersihkan dan cara untuk membersihkannya tidak bisa sembarangan. Karena kotoran yang lama tidak dibersihkan dapat menyebabkan adanya kerusakan hingga kebakaran pada microwave. Berikut adalah 3 cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar microwave tampak bersih dan tidak berbau:

  1. Gunakan Lemon atau Cuka
  • Letakkan wadah kaca yang berisi segelas air dan perasan lemon atau 1 sendok cuka ke dalam microwave
  • Nyalakan microwave dengan tenaga tinggi untuk 1 menit hingga air dalam wadah mendidih dan uap air menempel pada kaca ventilasi microwave.
  • Diamkan selama 15 menit kemudian buka dan keluarkan wadah kaca dari microwave.
  • Bersihkan bagian dalam microwave dengan menggunakan lap atau handuk kertas yang bersih.
  1. Gunakan Sabun Cuci Piring
  • Tuangkan segelas air hangat ke dalam wadah kaca dan tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring sesuai kebutuhan. Baking soda juga dapat ditambahkan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Kemudian letakkan wadah kaca ke dalam microwave.
  • Nyalakan microwave selama 1 menit atau sampai air mulai mendidih. Uap airnya akan menghilangkan kotoran yang menempel sehingga nanti akan mudah dibersihkan dengan lap atau handuk kertas.
  1. Gunakan Pembersih Jendela
  • Pastikan microwave Anda dicabut terlebih dahulu sebelum dibersihkan.
  • Tuangkan larutan pembersih jendela dengan takaran yang sesuai dengan kebutuhan ke dalam air hangat di dalam wadah kaca.
  • Celupkan spons ke dalam campuran larutan pembersih kemudian lap bagian dalam microwave hingga kotoran yang menempel menghilang.
  • Jika ada noda yang susah dihilangkan, rendam noda dengan larutan selama 5 menit sebelum digosok. Setelah bagian dalam dibersihkan, biarkan microwave kering.
  • Campuran larutan pembersih jendela ini juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian luar microwave. Bersihkan bagian luar microwave seperti pintu, pegangan, tombol, dan bagian microwave dengan menggunakan lap yang telah dicelupkan ke dalam larutan pembersih jendela.
  • Jangan menggunakan sikat untuk membersihkan microwave karena dapat menyebabkan microwave terbakar atau risiko keamanan lainnya ketika akan digunakan.

Pada cara pertama dan kedua, jangan berdiri di dekat microwave karena uap air panas yang ada di dalam dapat menyembur keluar ketika microwave dibuka. Beri jarak sekitar 1.5 m antara posisi Anda berdiri dengan microwave. 3 cara di atas dapat Anda terapkan dalam waktu yang lama sehingga microwave Anda juga dapat bertahan lama. Selamat mencoba!


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia