fakta tepung

3 Fakta Unik Tentang Tepung

Tepung merupakan partikel padat yang berbentuk butiran halus dan bahkan sangat halus tergantung dengan proses penggilingannya. Biasanya digunakan untuk keperluan penelitian, rumah tangga, dan bahan baku industri. Tepung bisa berasal dari bahan nabati misalnya tepung terigu dari gandum, tapioka dari singkong, maizena dari jagung atau hewani misalnya tepung tulang dan tepung ikan. Tepung sendiri terdiri dari beberapa jenis. Hal tersebut dibedakan dari bahan pembuatannya. Selain itu, jenis-jenis tepung tersebut juga memiliki kegunaannya tersendiri.

Baca juga : Kenali 7 Jenis Tepung Dan Kegunaannya

Tepung merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat kue atau cake. Oleh karena itu kamu harus menjaga kualitas dari tepung terigu itu sendiri. Jika tepung terigu yang sudah apek digunakan untuk membuat kue, maka hasil kuenya akan berdampak penyakit bagi yang memakannya. Oleh karena itu kamu harus menjaga tepung agar tidak cepat apek dan rusak.

Baca juga : Tips Menyimpan Tepung Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Untuk mendapatkan adonan yang sempurna dibutuhkan suatu skill dan bahan yang mumpuni. Tanpa adanya skill maka adonan kue yang dihasilkan akan terkesan buruk / kurang pas. Tanpa adanya bahan yang berkualitas adonan kue yang dihasilkan pun tidak akan mengembang dengan baik. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kue adalah tepung. Sebagian dari kalian pasti berpikir bahwa semua tepung memiliki kualitas yang sama. Namun itu tidaklah benar. Setiap merek tepung pasti memiliki kualitasnya tersendiri. Bahkan setelah digunakan, kue yang dihasilkan pun akan berbeda. Dari segi tekstur, kerenyahan, serta rasa.

Baca juga : Tips Memilih Tepung Baik Dan Berkualitas Untuk Membuat Kue

Yang perlu kamu ketahui tentang fakta tepung, apa saja itu? Berikut fakta tepung yang perlu kamu ketahui.

3 Fakta Unik Tepung

  1. Tepung terbagi dalam beberapa jenis protein

Fakta tepung yang pertama, tepung terbagi dalam beberapa jenis protein. Tepung terbagi menjadi 3 jenis protein. Yang pertama ada protein tinggi. Tepung dengan protein tinggi ini mengandung protein sebesar 12-14%. Tepung berprotein tinggi biasanya digunakan untuk membuat donat, roti, mi, dan lain-lain. Temukan tepung berprotein tinggi di dalam tepung HIME Sriboga. Produk tepung terigu protein tinggi, dengan kandungan ash yang sangat rendah dan butiran yang sangat halus. sehingga akan menghasilkan kualitas terbaik untuk pembuatan aneka produk bakery seperti roti tawar, roti manis, Croissant, Danish Pastry, dll.

Yang kedua ada tepung dengan tingkat protein medium. Protein yang terkandung di dalam tepung berkisar antara 11-13%. Untuk tepung berprotein rendah ini dapat kamu temukan pada tepung DOUBLE ZERO Sriboga. Tepung terigu medium protein dengan kandungan ash yang rendah serta butiran yang sangat halus. Tepung Double Zero diperuntukkan bagi industri yang membuat aneka roti Eropa seperti, Hard Roll, Baguette, Crusty Bread dan produk yang memerlukan fleksibilitas tinggi seperti pizza, pocasa dengan kualitas terbaik.

Selanjutnya ada tepung dengan protein rendah atau low protein, berkisar 9-11%. Tepung rendah protein dapat ditemukan pada tepung NINJA Sriboga. Tepung terigu dengan jenis low protein yang dibuat untuk industry biskuit, cabe, bakpia martabak, dan produk lainnya. Dengan kehalusan dan kandungan abu yang rendah, tepung NINJA memberikan jaminan kualitas terbaik. Biskuit yang dihasilkan akan renyah dan chumb yang halus serta tekstur yang lembut dan empuk pada produk cake.

  1. Tepung dapat mengurangi lepuhan pada kulit yang terbakar

Fakta tepung yang kedua yaitu tepung dapat mengurangi lepuhan merah pada kulit yang terbakar. Cara hanya tinggal membubuhkan tepung pada bagian kulit yang terbakar. Alhasil kulit tidak akan melepuh atau kemerahan.

  1. Tepung tidak memiliki nutrisi

97% dari serat biji gandum hilang saat proses pembuatan tepung itu sendiri. Pada proses embuatan tepung inilah vitamin E, 50% kalsium, 70% fosfor, zast besi, magnesium serta vitamin B telah hilang.

Nah itulah 3 fakta unik tepung yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya Fans Baking.

Ingin mendapatkan tepung dengan kualitas terbaik? Tepung Sriboga solusinya. Gunakan tepung Sriboga untuk membuat masakan Anda menjadi semakin berkualitas. Sriboga telah menyediakan berbagai jenis tepung yang dikhusukan untuk membuat roti, kue, pasta, gorengan, mi, dan masih banyak lagi. Serta tersedia dalam berbagai kemasan. Anda hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Print

Sriboga, Tepung Pemanggang Proffesional

(62-21) 725 0240

[email protected]


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia