brownies-_160623113234-995

4 HAL YANG BIASA DILAKUKAN KETIKA GAGAL MEMBUAT BROWNIES

Rasa cokelat yang kuat, tekstur kue yang padat. Tak heran banyak orang yang dengan mudah jatuh cinta pada kue brownies. Beberapa memilih untuk langsung membeli kue brownies dari toko kue, akan tetapi tak jarang orang yang membuatnya sendiri. Meski resep brownies tergolong cukup mudah untuk diikuti, ada kalanya kue brownies yang dihasilkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Kalau kamu salah satu yang gemar membuat brownies sendiri, ada baiknya kamu menghindari empat kesalahan dalam membuat kue brownies ini agar kue yang dibuat sempurna.

PNLBrownies

  1. Tidak memilih resep yang tepat

Ada dua jenis brownies yang biasa kamu temukan, yang bertekstur cenderung padat dan fudgy serta yang bertekstur lebih ringan seperti kue. Oleh karena itu, kamu perlu memilih resep yang sesuai dengan selera brownies kamu. Jangan sampai kamu menyukai brownies bertekstur padat tetapi menggunakan resep brownies bertekstur ringan, atau sebaliknya.

  1. Tidak mendinginkan cokelat setelah dilelehkan

Salah satu tahap dalam membuat brownies adalah melelehkan cokelat. Meski kamu ingin segera menyelesaikan browniesmu, jangan langsung mencampurkan cokelat leleh ke dalam bahan-bahan brownies, seperti telur dan gula. Biarkan dulu cokelat mendingin setelah dilelehkan selama beberapa menit sebelum dicampurkan ke dalam adonan. Mendinginkan cokelat sebelum dicampur dengan telur sangat penting dalam proses pembuatan brownies agar panas dari cokelat tidak membuat telur matang dan berubah jadi telur orak-arik di dalam adonan.

  1. Tidak menggunakan wadah yang benar

Selain memilih bahan yang tepat, pemilihan wadah juga penting dalam proses pembuatan brownies. Umumnya, brownies membutuhkan wadah berukuran delapan hingga sembilan inchi. Wadah yang terlalu besar akan membuat brownis menjadi tipis serta terlalu matang. Sedangkan wadah yang terlalu kecil akan membuat brownies kamu terlalu tebal dan tidak matang menyeluruh.

  1. Menunggu hingga tak ada adonan menempel di tusuk gigi

Salah satu metode dalam menentukan kematangan kue ialah dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam kue yang telah dipanggang. Jika masih ada adonan yang menempel, maka kue tersebut bisa dipastikan belum matang menyeluruh. Teori ini tidak berlaku dalam membuat brownies. Jika kamu menggunakan teori tersebut dalam membuat brownies, maka browniesmu akan terlalu matang. Jika brownies terlalu matang, tidak ada tekstur lembut dan fudgy yang akan kamu rasakan. Sebaliknya, browniesmu akan terasa kering dan mudah hancur.

brownies-_160623113234-995


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill