oven

10 ALAT YANG DIBUTUHKAN PEMULA UNTUK MEMBUAT KUE

Peralatan membuat kue yang penting bagi pemula itu apa aja sih? Nah,  Mom dan Sis sudah punya rencana untuk habiskan akhir pekan kali ini? Kalau belum, mending ajak keluarga untuk melakukan kegiatan seru di rumah, yuk. Biar lebih seru, Mom dan Sis bisa mengajak mereka untuk mencoba resep kue baru. Nah, tak perlu khawatir jika ini pertama kalinya Mom dan Sis membuat kue atau bolu. Apa aja sih peralatan yang dibutuhkan?

  1. Oven

Memang sih, ada juga kue dan bolu yang bisa dibuat dengan hanya didiamkan di kulkas. Tapi hampir sebagian kue dan bolu dibuat dengan cara dipanggang dalam oven. Ada dua jenis oven yang populer yaitu oven listrik dan oven kompor. Pilihlah oven yang paling sesuai dengan kebutuhan memasak di rumah.

oven

  1. Mixer

Pada dasarnya mixer berfungsi untuk menghemat waktu dan membantu proses pengadukan adonan lebih mudah. Tapi karena mixer bukanlah alat membuat kue yang sangat esensial, Mom dan Sis tak perlu langsung membeli mixer stand yang mahal. Saat ini ada banyak kok mixer berkualitas dengan harga yang murah.

mixer

  1. Sendok dan gelas ukur

Mengikuti takaran yang disebutkan dalam resep adalah hal yang sangat penting. Itulah yang mendasari kemunculan sendok dan gelas ukur. Keduanya bisa menakar bahan secara spesifik, misal berdasarkan gram, sdt (sendok makan teh), cup, ml, cc dan masih banyak lagi.

sendok gelas ukur

  1. Timbangan

Selain alat ukur di atas, sediakan juga timbangan karena ada beberapa bahan yang tidak akan akurat jika diukur dengan gelas, mangkok atau cup saja.

timbangan

  1. Loyang kue

Sebagai pemula, Mom dan Sis tak perlu membeli semua jenis loyang. Sebagai langkah awal, cukup sediakan loyang kue kotak dan loyang kue bolu. Jangan lupa, saat membelinya pastikan  ukuran loyang sesuai dengan oven di rumah, ya.

loyang kue

  1. Spatula

Supaya adonan bisa tercampur rata, Mom dan Sis juga membutuhkan spatula untuk mengaduk. Ada berbagai jenis spatula di pasaran mulai dari plastik, silikon hingga kayu. Pilih spatula dengan bahan yang lentur dan elastis sehingga bisa fleksibel mengikuti bentuk wadah dan juga tidak mudah patah.

spatula

  1. Ayakan

Ayakan berfungsi untuk membuat tepung terigu atau bahan bubuk lainnya terpisah dari gumpalan-gumpalan atau benda asing.

ayakan

  1. Kertas roti

Kertas roti berfungsi untuk membuat kue tidak menempel di loyang dan mudah saat dikeluarkan. Kertas roti juga bisa digunakan sebagai alas saat Mom dan Sis hendak menggulung bolu atau mengemas kue sebelum dimasukkan dalam wadah.

kertas roti

  1. Alat pengocok(Whisk)

Whisk digunakan untuk mengolah adonan yang lebih ringan seperti kocokan putih telur atau saus. Jika akan membeli whisk, pilih yang punya banyak jalinan kawat sehingga adonan semakin berkualitas karena udara yang masuk akan semakin banyak.

whisk

  1. Rak pendingin

Terakhir, siapkan rak pendingin kue yang bentuknya berupa lingkaran atau persegi dengan besi berbentuk garis-garis atau kotak-kotak. Rak pendingin ini digunakan untuk meletakkan kue yang masih panas supaya cepat dingin.

rak pendingin

Itulah 10 alat membuat kue dan bolu bagi Mom dan Sis yang masih pemula. Nah, jika sudah punya semua alat di atas tunggu apa lagi? Mom dan Sis bisa cek aneka resep kue dan bolu yang gampang dibuat. Beberapa resepnya bahkan bisa dibuat tanpa perlu semua alat di atas alias praktis banget, lho.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill