artikel-11-inspirasi-baking-7-makanan-yang-seharusnya-anda-makan-setiap-satu-minggu

5 Makanan yang Seharusnya Anda Makan Setiap Satu Minggu

Selalu menjaga keseimbangan pola hidup dengan hanya makan makanan sehat adalah salah satu kunci untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Sudah bukan lagi rahasia bahwa makanan yang sehat akan memberikan banyak kontribusi untuk perkembangan kesehatan Anda. Banyaknya jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi, apakah Anda tahu makanan mana apa saja yang baik untuk kesehatan? Tidak terpaku pada jenis makanan melainkan kandungan didalamnya, berikut ini adalah uraian dari jenis kandungan dalam makanan yang seharusnya Anda makan setiap satu minggu:

1 – Protein nabati

Selain protein hewani, protein nabati juga tidak kalah penting bari tubuh manusia. Terutama bagi seseorang yang sedang menjalani diet, tidak perlu khawatir kekurangan asupan protein karena menghindari daging atau ikan, nutrisi ini juga dapat diperoleh dari tumbuhan. Olah karena itu disebut protein nabati. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak protein adalah kacang-kacangn (kacang hitam atau buncis, kacang merah, dan lain sebagainya), tahu, tempe, dan roti gandum.

2 – Lemak sehat

Lemak berlebih memang bisa menyebabkan kegemukan dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Namun tidak semua lemak itu jahat. Lemak merupakan sumber energi kedua setelah karbohidrat. Jenis lemak yang baik untuk kesehatan adalah lemak tak jenuh. Lemak tak jenus dapat ditemukan pada ikan, alpukat, biji-bijian (biji buah labu, biji bunga matahari, dan wijen), kacang-kacangan, telur, dan sayur-sayuran (terutama yang berwarna hijau gelap seperti bayam).

3 – Antioksidan

Antioksidan adalah suatu zat yang dapat memperlambat proses oksidasi dan memperbaiki sel tubuh yang disebabkan radikal bebas, seperti pola makan yang tidak baik, polusi, asap rokok, dan lain-lain. Selain itu, antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti vitamin C sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit. Pada umumnya buah-buahan adalah sumber antioksidan yang paling banyak. Terutama buah kiwi, strawberry, anggur, manggis, blueberry, dan jenis buah lainnya.

4 – Probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup yang dapat membantu dalam menyerap nutrisi, memproduksi vitamin, membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat, dan berperan dalam ekosistam usus. Mungkin Anda sering mendengar istilah probiotik, terutama di iklan produk susu atau yoghurt. Probiotik memang dapat mudah ditemukan pada makanan yang melalui proses fermentasi seperti keju, asinan kubis, nata de coco, kecap, dan jenis makanan lainnya.

5 – Karbohidrat yang baik

Mirip seperti lemak, karbohidrat ada yang baik dan jahat. Pada umumnya karbohidrat terbagi menjadi karbohidrat sederhana dan kompleks. Keduanya memiliki nilai gizi yang berbeda. Karbohidrat sederhana adalah jenis gula seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, dan laktosa. Sedangkan karbohidrat kompleks diperoleh dari  serat makanan yang tidak menyediakan energi tetapi diperukan untuk memperlancar jalannya makanan dalam sistem pencernaan. Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari roti gandum, biji-bijian (jagung, sereal, beras, dan lain-lain), buah-buahan (delima, pisang, blueberry, rashberry, dan lain-lain), kacang-kacangan (kacang hitam atau buncis, kacang merah, dan lain-lain).


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia