chocolate-599516_1280

5 Tips Sederhana Dapur Sehat

Dapur adalah tempat dimana seorang wanita terutama seorang ibu melakukan banyak hal yang berkaitan dengan memasak. Kondisi dapur yang bagus belum memastikan apakah dapur itu sehat atau tidak. Banyak faktor yang mempengaruhinya, karena tiap kali memasak banyak cipratan minyak atau kuah yang menempel di dinding dapur dan potongan sayur yang tidak terpakai.

Tips sederhana ini ditujukan kepada ibu-ibu yang hobi memasak dan sering menghabiskan waktunya di dapur. Karena kebersihan dapur juga berpengaruh pada makanan yang dibuat nanti.

Siapkanlah Tempat Sampah
Ketika Anda sedang memasak untuk mengumpulkan sisa sisa bahan diwajibkan menyediakan tempat sampah di dapur Anda. Sehingga dapur akan terlihat bersih dari sisa sisa bahan masakan serta akan lebih enak dipandang jika dapur dalam keadaan bersih.

Perhatikan Sirkulasi Udara
Berilah sirkulasi udara yang baik di dapur Anda. sehingga ada tempat keluar masuknya udara dan dapur tidak pengap ketika sedang memasak. Jika diperlukan, Anda bisa memasang penyedot udara dapur.

Hindari Penggunaan Minyak Yang Berulang-ulang
Dalam sehari mungkin dalam memasak sering dijumpai penggunaan minyak goreng yang berulang-ulang dengan tujuan untuk penghematan. Tapi perlu diingat, penggunaan minyak goreng yang berulang-ulang tidak baik untuk kesehatan tubuh, jika minyak sampai berwarna coklat bisa meningkatkan resiko kolesterol dan kanker.

Bersihkan Lemari Es Secara Rutin
Saat ini lemari es adalah perabotan dapur yang harus ada. Karena fungsinya untuk menyimpan bahan masakan, maka kebersihan lemari es harus dibersihkan. Biasakan membersihkan lemari es secara rutin dan mencuci sayur dan buah sebelum dimasukan ke dalam lemari es dan bungkus dengan rapi.

Kebersihan alat memasak
Kebersihan alat memasak merupakan salah satu unsur penting dalam menjaga kebersihan dapur. Misalnya saja ingin menggunakan telenan, pastikan telenan itu dalam keadaan bersih. Jangan sampai menggunakan telenan yang sama ketika ingin memotong daging dan sayur, karena bisa menumbuhkan bakteri. Sebaiknya dibersihkan dulu dengan menyiraminya menggunakan air panas.

Untuk Anda yang menginginkan hidup sehat, bisa memulainya dengan membuat dapur Anda bersih, sehingga masakan yang Anda masak akan sehat. Apalagi jika masakan itu akan disajikan kepada keluarga tercinta. Semoga bermanfaat.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia