7 JAJANAN KEKINIAN INI TERNYATA NGGAK SUSAH BIKINNYA!

Baik saat santai mauapun sibuk, kalau sudah menyangkut soal perut memang nggak boleh terlupakan. Asupan yang cukup, nutrisi yang baik dan sehat penting untuk mendukung aktivitasmu. Cemilan berikut ini selain kekinian juga terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan. Melalui proses yang nggak ribet, kamu bisa membuat cemilan favoritmu sendiri. Selain itu juga lebih hemat dibanding kamu harus membelinya dari pedagang. Apa saja sih? Yuk kita intip resepnya guys!

 

  1. Pisang Nugget

Campurkan 1 kg pisang kepok atau raja dengan 6 sdm terigu, 2 butir telur, gula dan garam secukupnya serta vanila bubuk (opsional). Aduk-aduk hingga pisang menjadi lembut atau bisa juga diblender terlebih dulu sebelum mencampurnya dengan bahan-bahan lain. Lalu wadahi dalam loyang dan kukus 20 menit hingga matang.

Setelah dingin, iris sesuai bentuk yang diinginkan. Celupkan potongan nugget dalam larutan kental tepung dan air, kemudian lapisi dengan tepung panir dan goreng. Kamu bisa juga melompati langkah mengukus tadi dengan langsung membentuk pisang bulat-bulat dan langsung digoreng.

Jika tidak dikukus, pastikan adonan pisang kamu bentuk lebih kecil ukurannya. Agar saat digoreng tetap matang. Tambahkan topping sesuai selera.

pisang nuget

  1. Corn Dog

Corn dog sebenarnya hanya sosis sapi yang digoreng dengan balutan tepung. Campuran tepung untuk adonan corn dog tentunya bercita rasa gurih dan asin.

Bahannya adalah tepung terigu, sedikit tepung maizena jika ada, telur, garam, bumbu tabur lain jika perlu, dan air secukupnya. Pastikan adonan tepung tadi cukup kental.

Tusuk sosis mentah dengan tusuk sate, kemudian celupkan ke dalam tepung hingga semua bagian terlumuri rata. Goreng sampai matang dan tambahkan toping sesuai selera atau siapkan saos sambal sebagai pelengkap.

CornDog-1

  1. French Toast

French toast pada dasarnya adalah roti panggang biasa. Bedanya, sebelum dipanggang roti tawar dicelupkan dalam susu terlebih dahulu, baru kemudian dipanggang dalam wajan yang sudah dilumuri mentega. Panggang kedua sisinya. Kemudian tumpuk dalam piring, baru tambahkan gula bubuk, madu atau sirup, dan buah-buahan.

french toast

  1. Churros

Churros merupakan jajanan yang tak kalah ngetren dan menjamur di perkulineran Indonesia. Churros juga sangat mudah dibuat. Buat adonan churros dengan melelehkan mentega kira-kira 2-3 sdm dan tambahkan tepung terigu kira-kira 1 cangkir atau 125 gr. Aduk hingga tercampur rata dan adonan kalis.

Masukan adonan ke dalam piping bag yang sudah dipasangi decorating tip. Siapkan minyak panas dan goreng adonan tadi dengan bentuk memanjang atau bulat seperti donat sesuai selera. Bisa disajikan dengan topping atau saus cokelat yang bisa dibuat dengan mencampurkan lelehan coklat dan margarin.

churros

  1. Cinnamon Apple Pie

Apple Pie pun sebenarnya mudah banget dibuat. Kamu hanya perlu membuat kulit pastry yang sebenarnya hanya terbuat dari mentega dan tepung terigu yang dicampur dengan sedikit air es. Uleni hingga adonan kalis. Kemudian diamkan satu jam dalam kulkas.

Sembari menunggu, buat isi pie dengan irisan buah apel, gula, garam, sedikit perasan jeruk nipis atau lemon, dan sedikit tepung maizena. Masak semua bahan, tambahkan bubuk kayu manis. Masak hingga buah apel melunak. Pipihkan adonan pastry hingga tipis, potong kotak-kotak atau bulat-bulat sesuai selera saja. Kemudian isi dengan buah apel tadi dan tutup menyerupai kue pastel. Terakhir, goreng hingga kecoklatan. Dan nikmati selagi hangat.

 

  1. Onion Ring

Kamu hanya butuh bawang bombay untuk membuat jajanan ini. Potong melintang dan keluarkan umbi lapisnya yang berbentuk gelang-gelang. Siapkan larutan tepung yang mana resepnya sama saja dengan tepung corn dog. Lapisi bawang tadi dengan larutan tepung. Tambahkan tepung panir bila ingin onion ring kamu lebih crispy. Goreng dan nikmati selagi hangat.

  1. Dorayaki

Dorayaki pada dasarnya adalah pancake. Bahan adonannya yaitu 160 gr tepung, gula dan garam secukupnya, 1 sdt baking powder, 1 sdm minyak atau mentega cair, 3 kuning telur dan 1 sdm susu.

Cara membuatnya, kocok dulu putih telur hingga kaku, baru masukan ke dalam adonan tepung tadi. Cara ini dipakai supaya adonan kamu akan terasa lebih fluffy.

Panggang dengan teflon anti lengket. Pastikan kamu tidak menggunakan terlalu banyak minyak atau mentega. Cukup dioles tipis-tipis saja. Ketika sudah dapat beberapa kue, lapisi satu sisinya dengan cokelat atau selai sesuai selera dan rekatkan dengan kue lain seperti sandwich.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill