kue-kering

7 Jenis Kue Kering Khas Jelang Hari Raya Lebaran

Hari Raya Lebaran adalah hari yang paling ditunggu setelah satu bulan berpuasa. Lebaran juga menjadi ajang meminta maaf atas segala kesalahan baik yang disengaja maupun tidak.

Persiapan untuk menyambut hari lebaran tentunya harus disiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya. Dan pastinya waktu yang tepat untuk menyiapkanya adalah saat ini. Selain baju baru, hidangan kue kering menjadi salah satu ciri khas dan tradisi yang tidak dapat dipisahkan pada saat lebaran tiba.

Aneka macam jenis kue lebaran memang merupakan sajian yang tidak pernah terlupakan dan selalu ada saat hari raya, adanya kue kering sebagai ciri khas lebaran akan menambah lebaran terasa semakin istimewa dan special. Berikut adalah 7 jenis kue khas jelang hari raya Lebaran :

1. Nastar

kue-nastar-selai-nanas

Nama Nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu ‘ananas’ yang berati nanas, dan ‘tar’ yang berarti kue atau pie. Jadi nastar sendiri memiliki arti tart nanas. Di Eropa, kue ini berisi selai blueberry atau apel. Namun di Indonesia blueberry begitu sulit didapat maka digantilah dengan selai nanas.

2. Kastangel

kastengel-gurih

Kastengel merupakan kue kering yang diadaptasi dari kue khas Belanda yaitu ‘kaas’ yang berarti keju. Jadi bagi Anda para pecinta keju, rasa gurih dan asin dalam kue kastangel pasti akan membuat ketagihan.

Umumnya kue kastengel menggunakan keju tua seperti keju edam. Namun karena harga keju edam yang terbilang mahal, maka keju chedar dipilih sebagai bahan alternatif pembuatan kastengel.

3. Putri Salju

maxresdefault

Kue kering satu ini namanya terbilang unik. Nama putri salju sendiri diambil karena kue ini berwarna putih yang berasal dari taburan gula halus. Kue ini semakin terlihat menarik dengan bentuknya yang menyerupai bulan sabit.

4. Lidah Kucing

Lidah-Kucing-pangananenak

Diberi nama lidah kucing karena bentuknya yang menyerupai lidah kucing. Lidah kucing sendiri masuk ke Indonesia saat masa koloni belanda. Kue ini juga banyak ditemui saat hari raya idul fitri.

5. Biji Ketapang

Resep-Biji-Ketapang

Tak ketinggalan juga kue khas Betawi asli yaitu biji ketapang. Dinamai biji ketapang karena bentuknya yang menyerupai biji ketapang. Rasa dari kue ini renyah, manis dan sedikit asin. Pembuatan biji ketapang juga terbilang mudah, karena tak perlu menggunakan oven, hanya digoreng saja.

6. Kue Semprit

Resep-Cemilan-Nikmat-Kue-Semprit-Panggang

Nah, kue ini juga selalu berada di jajaran kue kering khas lebaran dan tidak pernah absen. Kue yang berbahan dasar tepung terigu ini mempunyai rasa dan tekstur yang khas. Yang paling khas dari kue ini adalah topping choco chips atau selai di atasnya.

7. Kue Egg Roll

Resep-Membuat-Kue-Egg-Roll-Renyah-Lembut

Dengan teksturnya yang lembut dan juga renyah, tidak heran banyak orang yang sangat menggemarinya. Kue ini mempunyai bentuk yang memanjang dan menggulung, persis seperti cerutu.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia