artikel-6-inspirasi-baking-7-peraturan-dapur-italia-sederhana-dan-hemat

7 Peraturan Dapur Italia: Hemat dan Sederhana

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata ‘Italia’? Mungkin sebagian besar dari kita akan langsung teringat dengan kelezatan makanannya, seperti spaghetti, lasagna, atau bahkan pizza yang terkenal di seluruh dunia. Dibalik kelezatan makanan-makanan tersebut, ternyata masyarakat Italia menerapkan beberapa peraturan di dapur ketika mereka sedang memasak makanan. Jika Anda menyenangi sesuatu yang sederhana, sehat, rapi, dan hemat, maka Anda bisa terapkan peraturan dapur Italia di rumah Anda. Dan berikut ini adalah peraturan-peraturan tersebut:

  1. Hanya menggunakan bahan-bahan lokal yang berkualitas

Jenis sayuran atau buah apa yang tumbuh di sekitar Anda? Kapan sayuran atau buah tersebut bisa dipetik? Kuliner Italia memang sangat menghargai cita rasa yang alami dan hanya menggunakan bahan paling segar yang bebas dari bahan pengawet dan tanpa pembekuan di lemari es. Sehingga para pedagang di pasar Italia hanya menjual satu atau dua kali bahan-bahan makanan, seperti roti, sayur-sayuran, dan buah-buahan.. Selain itu, mereka lebih memilih menggunakan produk lokal dibandingkan produk-produk impor. Dalam penyajian suatu masakan, mereka sangat mencermati bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghindari pemborosan.

  1. Tidak membuang sisa bahan makanan

Dikarenakan sebagian besar kuliner Italia tidak memerlukan banyak bahan makanan, jika ada sisa maka mereka masih akan menyimpannya di lemari es dan akan kembali digunakan keesokan harinya. Mereka kurang menyukai menyimpan lama-lama sisa bahan-bahan makanan di dalam lemari es. Dan dari sedikit bahan tersebut biasanya diolah menjadi berbagai jenis masakan yang bervariasi.

  1. Mempertahankan kesederhanaan

Sebagian besar masyarakat Italia tidak menyukai proses masak yang terlalu rumit. Tahap awal persiapan memasak biasanya membutuhkan waktu cukup lama karena mereka harus membuat saus atau lauk pauk terlebih dahulu, namun setelah melalui proses tersebut mereka akan memulai memasak dengan lebih cepat. Cara penyajian makanannya pun sangat sederhana. Mereka sering menggunakan sedikit bawang putih untuk membuat saus pasta yang lezat, kemudian akan dituang ke bagian atas makanan dengan sedikit taburan daun kemangi atau parutan parmesan.

  1. Percakapan di meja makan yang menyenangkan

Orang Italia menyenangi percakapan yang membahas makanan. Jika biasanya Anda banyak mendengarkan percakapan mengenai bisnis, politik, pendidikan, atau urusan keluarga lainnya, Anda tidak akan mendengar pembahasan tersebut jika Anda diundang di sebuah jamuan makan dengan orang Italia. Mereka senang berbicara tentang betapa enak dan lezat makanan yang mereka santap dan menurut mereka itu adalah kegiatan yang menyenangkan.

  1. Memasak dengan cara yang kreatif

Apa yang Anda lakukan jika menemukan ada sebungkus roti di atas meja? Jika Anda tinggal bersama orang Italia, mungkin ia akan mengolah roti tersebut menjadi Bruschetta (roti panggang yang diberi topping berupa tomat, sayuran, dan kacang-kacangan), sandwich Tramezzino, atau sandwich Panino. Dari satu bahan tersebut mereka bisa mengolahnya menjadi berbagai macam jenis masakan.

  1. Menanam sayur-sayuran dan buah-buahan di kebun rumah

Jika Anda berkunjung ke negara Italia, Anda akan menemukan banyak rumah dengan beberapa persegi bidang tanah yang ditumbuhi beberapa tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan. Bahkan bagi mereka yang tidak memiliki kebun sendiri, ada beberapa kebun yang dimiliki bersama yang disebut kebun masyarakat.

  1. Tanamkan nilai kekeluargaan

Dan sekarang, lebih dari segala-galanya, kebersamaan keluarga adalah yang paling penting. Keluarga tidak harus terdiri dari orang tua, anak, dan saudara, tetapi bisa berarti teman, rekan kerja, rekan tim olahraga, dan lain-lain. Apa pun makanan yang tersedia di atas meja, haruslah dinikmati bersama-sama dengan orang yang tercinta. Kita tidak duduk bersama di meja makan karena apa yang tersedia di atasnya, tetapi karena apa yang kita miliki yaitu rasa kebersamaan.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia