Anda Bisa Gunakan Bahan-Bahan Ini Sebagai Pewarna Makanan Alami

Anda Bisa Gunakan Bahan-Bahan Ini Sebagai Pewarna Makanan Alami

Makanan dengan penampilan menarik merupakan salah satu hal yang penting dalam pembuatan sebuah makanan selain dengan rasa yang enak agar menjadi lebih menggugah selera.

Ataupun mungkin Anda pernah membeli maupun membuat makanan yang memiliki rasa enak namun tidak dengan penampilannya. Sering kali terngiang di telinga kalimat ‘you eat with your eyes first’ yang artinya bahwa apapun makanannya, yang pasti kita menilainya dengan penampilannya terlebih dahulu.

Dan apabila Anda menyukai berbagai hal mengenai masak – memasak, tentunya ingin menghasilkan sebuah hidangan yang nikmat. Selain rasa saja, penampilan yang menarik pun akan memengaruhi untuk membuat selera makan meningkat. Jika Anda memasak sebuah hidangan, dan orang yang Anda suguhkan menyantapnya dengan lahap tentu hati Anda akan merasa sangat berbunga-bunga bukan?

Jadi, makanan dengan memiliki rasa yang enak saja tak cukup, penampilannya pun harus menarik agar dapat menggugah selera. Salah satu cara untuk membuat makanan dengan penampilan yang menarik adalah memberi sentuhan warna pada hidangannya.

Agar makanan tetap aman untuk dimakan maka Anda bisa gunakan bahan-bahan ini sebagai pewarna alami.

  1. Merah

Jika ingin memberikan penampilan menarik pada makanan Anda dengan warna merah. Maka, Anda bisa menggunakan bahan alami dengan angkak dan umbi bit.

angkak

angkak

Angkak merupakan hasil fermentasi yang berasal dari beras putih dengan jenis tertentu yang di kembang biakan dengan sejenis ragi yang khusus selama beberapa hari sehingga berubah warna beras menjadi merah. Cara mengolah angkak agar bisa menjadi pewarna makanan alami adalah dengan cara diseduh air panas, air seduhan pertama dibuang karena rasanya pahit. Baru pada seduhan ketiga disaring, lalu haluskan.

umbi bit

umbi bit

Selain itu, umbi bit pun merupakan bahan alami untuk warna makanan merah. Umbi bit memang memiliki warna merah yang sangat kuat, selain itu umbi bit jika dijadikan sebagai warna makanan tidak akan memengaruhi rasa makanan. Cara mengolahnya adalah dengan menghaluskannya seperti membuat jus ataupun merebusnya dengan air yang sedikit hingga air berubah warna menjadi merah pekat. Selanjutnya bisa ditambahkan ke dalam pembuatan makanan Anda.

  1. Kuning

Untuk menghasilkan hidangan dengan warna kuning, Anda bisa menggunakan pewarna makanan alami yang terbuat dari kunyit.

kunyit

kunyit

Kunyit tidak hanya berfungsi sebagai pengawet makanan, karena selain itu kunyit pun juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan yang alami. Dikarenakan kunyit memiliki kandungan zat warna kurkumin yang bisa menghasilkan warna kuning. Cara untuk menjadikan berwarna kuning, kunyit harus dihaluskan dengan cara diparut ataupun diblender. Setelah itu, bisa anda campur dengan santan tergantung hidangan apa yang ingin disajikan.

Anda harus menggunakan kunyit sebagai pewarna secukupnya saja, karena jika terlalu banyak makanan akan menjadi agak langu.

  1. Biru

Apabila ingin memberikan sentuhan warna biru pada makanan yang Anda buat, maka Anda bisa menggunakan bunga telang ataupun kubis.

bunga telang

bunga telang

Bunga telang yang memberikan warna biru keunguan ini banyak tumbuh di Asia, tapi memang agak susah untuk mencarinya sekarang. Tapi banyak yang menjualnya dalam bentuk kering di pasar.

Cara mengolah bunga telang agar berhasil menghasilkan warna biru adalah dengan mengumpulkan beberapa kuntum bunga sesuai dengan kebutuhan. Kemudian meremasnya dengan tangan atau menumbuknya hingga keluar sari-sari warna birunya. Untuk jenis yang kering ini, anda bisa mengambil sarinya dengan menyeduh atau merendamnya dalam air panas.

kubis biru

kubis biru

Selain itu, bisa menggunakan kubis biru yang mengandung zat berwarna biru yang disebut dengan antosianin. Zat inilah yang dipakai untuk menghasilkan pewarna makanan alami biru. Untuk cara mengolahnya memang membutuhkan kesabaran ekstra karena tidak semudah dari yang lainnya.

Pewarna biru dari bunga telang dan kubis biru ini biasa digunakan untuk pewarna kue, puding, minuman dan aneka kuliner lainnya.

  1. Ungu

Selanjutnya, apabila Anda ingin memberikan sentuhan warna ungu untuk makanan Anda maka Anda bisa membuatnya dengan menggunakan ubi ungu dan bunga sepatu.

ubi ungu

ubi ungu

Sesuai dengan namanya, ubi ungu tentu dapat memberikan warna ungu pada masakan Anda. Ubi ungu ini memiliki pigmen antosianin yang sama seperti yang ditemukan pada ceri hitam dan jenis anggur-anggur lainnya. Nilai tambah yang dimiliki dari ubi ungu ini adalah rasa yang dimilikinya relatif netral sehingga ketika digunakan sebagai pewarna, ubi ungu tak akan mengubah rasa dari makanan anda.

Cara agar bisa dijadikan pewarna alami adalah dengan memotongnya menjadi ukuran kecil lalu hancurkan dengan bantuan blender dan air, ambil sarinya, itulah yang menjadi pewarna ungu.

bunga sepatu

bunga sepatu

Selain itu, dapat menggunakan bunga sepatu untuk menghasilkan warna ungu yang alami. Caranya dengan menyiapkan beberapa kuntum bunga sepatu yang segar. Kemudian haluskan dan beri sedikit air. Lalu peras kemudian hasil perasan tersebut bisa dijadikan pewarna makanan alami dalam makanan buatan Anda.

  1. Cokelat

Untuk menghasilkan warna cokelat pada makanan, Anda bisa menggunakan bahan alami yang terbuat dari kluwak ataupun biji cokelat.

kluwak

kluwak

Kluwak sebenarnya merupakan sejenis buah, bagian yang digunakan sebagai bumbu masakan atau pewarna adalah bijinya. Jika ingin mendapatkan warna yang hitam atau pun cokelat pekatnya, maka Anda harus mengambil daging yang ada di dalam bijinya terlebih dahulu.

biji coklat

biji coklat

Kemudian ada biji cokelat pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami cokelat. Dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu kemudian digiling hingga halus selanjutnya tinggal mencampurkan ke dalam pembuatan makanan Anda.

  1. Hijau

Jika ingin memberikan sentuhan warna hijau pada hidangan Anda. Maka, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti daun suji maupun bayam.

daun suji

daun suji

Pohon suji memiliki daun yang memiliki zat klorofil. Zat klorofil yang dimiliki oleh daun suji ini dapat memberikan warna hijau untuk makanan Anda. Penggunaannya dilakukan dengan cara menumbuk daunnya kemudian diberi air untuk disaring dan diperas.

daun bayam

daun bayam

Selain itu, bayam pun bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan warna hijau alami. Di dalam daun bayam memiliki warna hijau yang pekat dan kuat yang dihasilkan dari zat klorofil tentunya. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan merendam bayam menggunakan sedikit air kemudian remas-remas hingga airnya berubah menjadi hijau pekat. Lalu saring dan gunakan saringannya sebagai bahan campuran pada makanan yang akan diwarnai.

Selain beberapa bahan alami di atas yang bisa digunakan menjadi pewarna makanan alami, sebenarnya masih banyak lagi bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai pewarna alami seperti wortel, beri-berian, gula jawa, dan sebagainya. Dengan menggunakan warna makanan demi mendapatkan makanan yang menggugah selera, Anda pun bisa menghidangkan makanan yang aman karena meskipun menambahkan warna makanan tapi yang dipakai adalah bahan alami.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia