aneka-jenis-dimsum-yang-enak

Aneka Jenis Dimsum Yang Bakal Bikin Kamu Goyang Lidah

Apakah Anda tahu apa itu Dimsum? Dimsum adalah makanan ringan atau dapat dikatakan sebagai makanan cemilan yang berasal dari masyarakat Negara Cina. Biasanya makanan Dimsum disajikan pada saat sarapan. Namun karena dimsum populer karena dimsum telah popular saat ini di dunia, maka dari itu dimsum pada zaman kini disajikan sebagai makanan pembuka atau makanan ringan untuk dicemil. Kepopulerannya sendiri telah diakui oleh beberapa negara termasuk Indonesia dan Hongkong. Biasanya Dimsum disajikan bersama dengan minuman hangat yakni the atau teh hijau. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan Dimsum di area pecinan atau bahkan di restoran – restoran yang menyediakan makanan ala chinese food.

Namun sayangnya di Negara kita yaitu Indonesia, masyarakatnya jarang ada yang mengetahui perbedaan antara Dimsum dan makanan Siomay. Jika Anda yang mengetahui perbedaan Dimsum hanya dengan melihatnya sekilas, kita akan langsung mengetahui perbedaannya tanpa perlu mencicipinya terlebih dahulu. Antara Dimsum dan Siomay sangatlah memiliki perbedaan yang sangat jauh dan signifikan. Tidak hanya dari segi bahan baku pembuatannya saja namun juga dari segi rasa dan bau.

Jika kita lihat lebih seksama, makanan Siomay menggunakan bahan baku daging ikan sehingga beraroma cukup kuat dan sedikit amis. Sedangkan dimsum lebih kaya akan isiannya yaitu daging sapi atau udang yang dipadu padakan dengan gilingan daging cacahan ayam atau ikan. Walau tampak kaya akan isian, aroma Dimsum lebih ringan dikarena penggunaan bahan bakunya yakni daging beraroma mild contohnya seperti ayam atau sapi yang dapat meredam aroma daging yang aromanya lebih menyengat seperti isian seafood.

Dimsum memiliki jenis–jenis dimsum yang beragam dan banyak sekali. Berikut adalah kulasan jenis–jenis dimsum yang diantaranya :

  1. Dimsum Hakau

dimsum hakau

Dimsum Hakau memiliki bentuk yang kecil dan mungil dengan kulit yang tipis serta hampir transparan, isinya biasanya adalah daging udang. Dimsum Hakau sendiri merupakan salah satu jenis makanan Dimsum yang kini sedang banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya lebih kenyal dan gurih.

 

  1. Dimsum Char Siu Baau

dimsum char siu baau

Bentuk Dimsum Char Siu Baau hampir mirip dengan makanan bakpao. Namun Dimsum Char Siu Baau  memiliki ukuran yang lebih kecil dari Bakpao. Dimsum Char Siu Baau juga memiliki dua jenis varian  yakni yang dibuat dengan cara masak dikukus atau dengan cara masak dipanggang. Jenis Dimsum Char Siu Baau yang lebih dikenal dan familiar di Indonesia adalah jenis Dimsum Char Siu Baau kukus. Char Siu Baau biasanya memiliki isian berupa cacahan daging atau diisi dengan sayuran.

 

  1. Dimsum Mantou

dimsum mantao

Selain Dimsum Char Siu Baau, Dimsum Mantou juga adalah salah satu menu dimsum yang bentuknya seperti bakpao. Namun tidak seperti Char Siu Baau, Mantou disajikan tanpa memiliki isian. Meskipun tidak memiliki isian, Mantou tetap disukai banyak orang karena teksturnya yang lebih kenyal dan lembut.

 

  1. Dimsum Steamed Meatball

dimsum meat ball

Dimsum tidak hanya menyerupai bentuk seperti bakpao namun ada juga jenis dimsum yang menyeruai bentuk bakso loh. Sesuai dengan Namanya Dimsum Steamed Meatball adalah salah satu jenis dimsum yang terbuat dari daging giling dan kemudian dibentuk menyerupai bola-bola kecil lalu dikukus seperti membuat bakso. Biasanya Dimsum Steamed Meatball ini akan disajikan dengan beberapa saus khas yang akan menambah kenikmatan rasanya.

Nah jenis Dimsum tadi adalah beberapa jenis makanan Dimsum yang banyak digemari oleh masyarakat negara Indonesia. Dimsum sendiri saat ini tengah banyak digemari juga oleh banyak kalangan usia karena bahan – bahannya yang kaya akan daging – dagingan yang kemudian dicampur dan dibentuk sedemikian rupa agar terlihat lebih unik.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill