19

Aneka Jenis Loyang

Bentuk loyang kini sudah bervariasi. Tidak lagi seperti dulu, hanya berbetuk kotak dan lingkaran. Sekarang ini sudah banyak bentuk-bentuk loyang yang sangat beragam. Mereka biasanya dijual di toko khusus yang menjual peralatan untuk membuat kue. Berbeda bentuk loyang, maka berbeda pula fungsinya.  Ketahui fungsi dari masing-masing bentuk loyang agar tidak salah menggunakannya.

Baking Dish

11 Loyang ini berbentuk datar. Digunakan untuk memanggang biskuit atau cookies. Loyang ini memiliki ketinggian 3cm. Tidak boleh terlalu tinggi karena akan memengaruhi hasil dari kue.

Cake Pan

12

Loyang ini paling sering digunakan untuk membuat kue. Bentuknya ada yang bulat, kotak, dan persegi panjang. Memiliki ukuran yang bervariasi. Loyang ini biasa digunakan untuk membuat cake, bolu, cheesecake, dll.

Tart Pan

13

Loyang yang memiliki bentuk bulat ini digunakan untuk membuat pie. Bagian sisi dasar loyang ini bisa dilepas untuk memudahkan mengeluarkan kulit pie agar tidak remuk.

Roll Pan

14

Digunakan untuk membuat bolu gulung. Memiliki ukuran yang bervariasi. Loyang ini dibuat untuk menghasilkan bentuk khusus pada bolu.

Pizza Pan

15

Loyang ini digunakan khusus untuk membuat pizza. Loyang yang memiliki tinggi tidak melebihi 1cm ini memiliki ukuran yang bervariasi.

Springform Pan

16

Loyang yang dapat dibongkar pasang ini memiliki diameter 20cm dan tinggi 10cm. Dibagian sisi loyang terdapat kunci yang digunakan untuk membukanya agar memermudah pelepasan kue.

Bundt Pan

17 Loyang ini memiliki bentuk bolong ditengahnya. Lubang ditengah itu memungkinkan agar panas menyebar secara rata. Biasa digunakan untuk membuat butter cake, chiffon cakesponge cake, atau angel food cake.

Muffin Pan

18

Biasa digunakan untuk membuat cup cake. Satu loyang berisi 6-12 lubang.

Itu jenis-jenis loyang yang perlu kalian ketahui. Jangan sampai salah fungsinya yaaaa. 🙂


1 Comment
Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia