puff pastry

Aneka Jenis Olahan Puff Pastry

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas mengenai Jenis – Jenis Pastry ya. Nah Fans Baking, kali ini kita akan mengulas yang masih berhubungan dengan pastry ya. Apa ya kira – kira?

Nah, kali ini kita akan membahas tentang aneka jenis olahan puff pastry. Jadi puff pastry ini dapat dikreasikan dengan bentuk dan rasa lain nih Fans Baking. Namun sebelumnya, puff pastry merupakan olahan makanan berbentuk adonan dasar tanpa ragi, berlapis – lapis serta memiliki tekstur renyah.

Puff pastry ini disebut – sebut sebagai ratunya pastry, karena proses pembuatannya yang terbilang paling sulit dari jenis pastry lainnya. Puff pastry memiliki ciri khas tersendiri yaitu pemasukan lemak pada adonan dasar dilakukan pada saat proses pelipatan.

Bahan dasar untuk pembuatan puff pastry antara lain seperti tepung terigu, lemak pelapis, garam, kuning telur, gula, susu bubuk, dan cuka atau jeruk nipis.

Aneka Jenis Olahan Puff Pastry

  1. Palmier

Penggulungan antara sisi kanan dan kiri harus sama. Bisa menggunakan pisau atau silet tajam sebagai alat bantu. Kesulitan pada pembuatan palmier yaitu menjaga tiap sisi gulungan tetap menempel pada sisi gulungan lain.

  1. Turn over

Awal mula bentuk turn over yaitu berbentuk persegi. Yang kemudian diberi isian ditengahnya dan ditutup dengan merekatkan bagian ujungnya (dilipat menjadi segitiga).

  1. Chauson

Chauson ini mirip dengan turn over. Hanya saja chauson berbentuk lingkaran dan apabila dilipat menjadi setegah lingkaran.

  1. Cream horn

Pembentukan puff pastry jenis cream horn ini menggunakan bantuan cetakan berbentuk kerucut. Sebagian masyarakat mengenal cream horn dengan sebutan cum-cum.

Baca juga :

Teknik Dasar Membuat Kue Agar Tidak Gagal

Aneka Jenis Loyang

  1. Patty shell

Bentuknya seperti bangun ruang tabung, namun bolong pada bagian atas dan tengahnya. Bolongan ini digunakan sebagai tempat isian dari pastry tersebut. Pembentukan patty shell dilakukan dengan cara membuat 2 lingkaran sama besar. 1 lingkaran dilubangi menggunakan lingkaran dengan lubang yang lebih kecil. Kemudian kedua lingkaran ditumpuk dan direkatkan. Terdapat kesulitan pada tahap penumpukan atau perekatan kedua lingkaran, usahakan agar hasil dari tumpukan tadi tidak terlihat.

Sebenarnya masih ada beberapa bentuk olahan dari puff pastry, namun kita ulas 5 bentuk dulu ya Fans Baking. Semoga bermanfaat.

Ingin mendapatkan tepung dengan kualitas terbaik? Tepung Sriboga solusinya. Gunakan tepung Sriboga untuk membuat masakan Anda menjadi semakin berkualitas. Sriboga telah menyediakan berbagai jenis tepung yang dikhusukan untuk membuat roti, kue, pasta, gorengan, mi, dan masih banyak lagi. Serta tersedia dalam berbagai kemasan. Anda hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Print

Sriboga, Tepung Pemanggang Proffesional

(62-21) 725 0240

[email protected]


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill