aneka-makanan-khas-china-sehari-hari

Aneka Makanan Khas China Ini Mudah Ditemukan Sehari-Hari

Makanan aneka chinese food memang sudah sangat popular di Indonesia. Hingga kini banyak restaurant-restaurant yang menyediakan makanan chinese food. Tidak sedikit pula masyarakat yang menyukainya. Makanan ini menjadi makanan yang cukup mahal untuk ditemui oleh masyarakat Indonesia namun juga sering dan banyak ditemukan sehari-hari.

Banyak masyarakat yang memilih untuk membuat sendiri makanan chinese food dirumah dengan bahan-bahan yang mereka beli sendiri. Makan chinese food bisa ditemukan di setiap jejeran area pecinan bahkan restaurant yang menyediakan chinese food juga telah tersedia disetiap mall-mall di Indonesia.

Awal mula makanan chinese food bisa masuk ke Indonesia adalah karena pada awal tahun 1644 orang dari daratan China berbondong-bondong untuk merantau ke Indonesia untuk bekerja dan mencari sesuatu. Niat yang dari awalnya hanya untuk singgah kemudian berubah untuk menetap dan menikahi wanita-wanita pribumi. Orang china sudah datang ke Indonesia sebelum orang-orang Belanda datang ke Indonesia. Sebelum kedatangan orang Belanda, orang-orang dari  daratan China hidup dengan damai dan tentram berdampingan dengan masyarakat pribumi. Sebagian besar mata pencaharian orang-orang China pada saat itu adalah dengan berdagang, bertani, dan menjadi tukang.

Aneka makanan chinese food pun saat ini sudah banyak dirasakan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Makanan chinese food juga menambah cita rasa makanan di Indonesia. Banyak makanan chinese food yang kemudian diadopsi menjadi makanan khas Indonesia yang saat ini mudah ditemukan.

 

bihun-mie-kwetiau

bihun, mie dan kwetiau

Mie bihun atau siomay makanan sehari-hari yang sering kita temu ini diadopsi dari makanan chinese food. Contohnya mie bihun adalah adopsi makanan dari chinese food yakni kwatiau. Dengan rasa yang berbeda dan mie yang lebih pipih ialah pembeda makanan mie bihun dengan kwatiau.

 

siomay-dimsum

siomay

Siomay adalah makanan yang diadopsi dari makanan chinese food yakni dimsum. Dengan rasa yang lebih lekat dan bau amis yang kental karna terbuat dari daging ikan-ikan adalah pembeda antara dimsum dan siomay.

Beberapa makanan khas china ini pun juga sudah menjadi favorite di Indonesia dan mudah ditemukan. Dan juga banyak pula yang sudah menjadikan makanan ini sebagai makan hidangan utama di restaurant-restaurant.

 

bapao

bakpao

Bakpao makanan yang sering kita lihat dan temui satu ini, pada awalnya Bakpao berisikan daging, yang paling lazim digunakan oleh masyarakat cina adalah daging babi. Akan tetapi makanan bakpao yang tampak seperti buntelan ini dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, srikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya, sesuai dengan selera.

 

fu yong hai atau fu yung hai

fu yong hai atau fu yung hai

Kemudian adalah Fu yong hai. Fu yong hai adalah salah satu masakan khas china yang dibuat dari telur yang didadar dengan campuran berupa sayuran, daging, atau makanan laut. Isi campurannya bisa berupa dagingan dan sebagainya yang dicincang halus. Fu yong hai dimakan serta dihidangkan bersama saus asam manis yang biasanya terbuat dari tomat dan kacang polong tetapi ada juga saus yang disertai dengan potongan nanas di dalamnya.

 

cap cay kuah

cap cay

Dan berikutnya adalah makanan cap cay. Cap Cay adalah dialek Hokkian yang memiliki arti secara harfiah aneka ragam sayur. Cap cay adalah salah satu nama hidangan khas china yang sangat populer karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayurannya pun tidak tentu dan terhitung, namun banyak dari masyarakat Indonesia yang beranggapan salah kaprah mengira bahwa cap cay harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti sepuluh sayur.

Nah itu tadi adalah beberapa makanan chinese food yang sedang popular di negara Indonesia dan banyak sekali restaurant-restaurant yang menyajikan makanan tersebut. Tidak hanya dijual di restaurant namun kini anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang terjangkau.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill