APA SAJA SIH MANFAAT TEPUNG TAPIOKA?

Kalau kamu suka makan cireng, cilok atau cimol pasti sudah terbiasa dong sama teksturnya yang kenyal-kenyal lengket gimana gitu. Nah, tapi kamu tahu nggak sih sebenarnya tekstur kenyal dan lengketnya ini terbuat dari bahan apa? Ya, jajanan-jajanan yang berasal dari tanah Sunda ini ternyata berbahan dasar tepung tapioka.

Tepung tapioka atau tepung kanji ini oleh orang Sunda lebih dikenal dengan sebutan tepung aci. Nama ketiga jajanan tersebut juga merupakan akronim dari tepung aci. Seperti cireng yang kepanjangannya aci digoreng, atau cilok yang merupakan kepanjangan dari aci dicolok karena cara makan cilok yang ditusuk dengan lidi atau batang bambu kecil.

Tepung tapioka sendiri merupakan tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Biasanya tepung ini digunakan untuk makanan mau pun sebagai bahan perekat makanan. Meski olahan tepung tapioka lebih banyak dibuat camilan seperti cireng dan cimol, tetapi ternyata tepung yang satu ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh lho. Apa aja ya?

Nah, berikut 4 manfaat tepung tapioka yang mungkin kamu belum tau. Simak yuk, guys!

  1. Baik bagi penderita hipertensi, penyakit jantung, dan stroke

Kandungan natrium yang rendah pada tepung tapioka sangat menguntungkan bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi, penderita penyakit jantung, dan stroke. Hal ini karena jumlah batas harian natrium pada orang dewasa adalah 2300 mg.
Untuk mendapatkan manfaat tepung tapioka secara maksimal, sebaiknya kamu mengurangi garam atau baking soda ketika memasak.

penyakit-jantung-hipertensi

  1. Baik bagi orang dengan diet bebas gluten

Sebagian orang ada yang mengalami intoleransi terhadap bahan makanan yang mengandung gluten. Seperti orang yang mengidap penyakit celliac. Tepung tapioka sangat cocok bagi orang dengan diet bebas gluten karena tepung ini terbuat dari singkong yang secara alami bebas gluten.
Tepung tapioka dapat menjadi pengganti tepung terigu yang biasanya dipakai untuk membuat roti dan kue. Namun tidak semua produk tepung tapioka yang dijual di pasaran bebas gluten, karena biasanya tepung diproses dengan peralatan yang sama sehingga berisiko mengalami kontaminasi dengan produk tepung lain yang memiliki kandungan gluten.

bebas gluten

  1. Membantu melancarkan system pencernaan

Tepung tapioka dapat dimanfaatkan untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Hal ini dikarenakan tepung tapioka mengandung pati resisten. Pati resisten adalah pati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan.
Selain itu, fungsinya pun sama seperti serat dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu pati resisten juga dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan, meningkatkan metabolisme glukosa dan insulin dalam tubuh.

pencernaan

  1. Membantu menaikkan berat badan

Kamu yang mempunyai masalah untuk menaikkan berat badan, hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung tapioka lho. Penelitian menyatakan bahwa kandungan karbohidrat yang tinggi pada tepung tapioka dapat membantu menaikkan berat badan.

berat badan


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill