Artikel 5 Inspirasi Baking - Apa Sebenarnya Perbedaan Cupcakes dan Muffin

Apa Sebenarnya Perbedaan Cupcakes dan Muffin?

Akhir-akhir ini cupcakes menjadi tren dalam dunia kue karena rasanya serta dekorasinya yang unik dan lucu menarik perhatian para pecinta kue. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sangat menyukai cupcakes. Tetapi pernahkah Anda memperhatikan bahwa bentuk cupcakes sangat mirip dengan muffin? Iya, keduanya adalah jenis kue yang berbeda tetapi bagaimana Anda bisa membedakannya? Pada artikel berikut ini akan membahas tentang cara mengenali cupcakes dan muffin.

CUPCAKES

Cupcakes bisa dikatakan seperti miniatur cake dan tergolong ke dalam jenis dessert. Berbagai pilihan rasa tersaji, mulai dari vanilla, cokelat, dan red velvet. Yang pasti, bagian atas cupcakes selalu diberi olesan krim dan berbagai hiasan untuk mempercantik tampilannya. Teknik dalam membuat cupcakes disebut creaming, yaitu pengocokan lemak padat seperti mentega atau margarin dengan gula. Seperti halnya dengan cake dan cookies, metode ini menciptakan gelembung-gelembung udara kecil yang membuat remahannya lembut.

Cara pembuatan cupcakes terbilang cukup lama karena bahan-bahannya harus dimasukkan satu per satu dengan urutan yang tepat. Sebagian besar bisnis kue rumahan pasti lebih memilih cupcakes dibandingkan muffin karena cupcakes dapat dihias sekreatif mungkin dengan icing dan lebih menarik dibandingnya muffin.

MUFFIN

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, muffin dan cupcakes adalah dua jenis kue yang berbeda. Persamaannya hanya terletak pada penggunaan cup dan cetakan yang sama. Sehingga banyak orang yang keliru mengira cupcakes adalah muffin dan begitu juga sebaliknya. Cara membuat muffin dan cupcakes berbeda. Muffin adalah kue yang paling mudah dan cepat dibuat. Anda bisa mencampurkan semua bahan kering kemudian menyampurkannya bahan basah. Jika cupcakes disajikan menggunakan hiasan, muffin tersaji apa adanya dengan puncak yang merekah.

Cara yang paling mudah membedakan adalah dari segi penampilan. Tetapi masih saja ada beberapa orang yang mengira muffin adalah cupcakes. Bahkan cara menyantapnya juga berbeda. Jika biasanya cupcakes dinikmati dengan cara langsung digigit atau dibelah menjadi dua dan dinikmati seperti sandwich, maka muffin dinikmati dengan cara disobek lalu diberi olesan mentega. Agar rasanya lebih bervariasi, permukaan muffin diolesi selai buah atau cokelat.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia