pengolesan loyang

APA SIH TIPS MEMBUAT KUE YANG SEMPURNA?

Cake adalah basic dasar untuk membuat aneka macam inovasi kue ulang tahun dan dekorasi kue lainnya. Namun terkadang masih banyak pula yang membuat cake dengan ala kadarnya atau asal asalan yang penting jadi dan bisa dimakan.

Banyak sekali keluhan tentang bagaimana cara membuat cake yang benar benar lembut dan lumer di lidah. Karena banyak sekali para ibu rumah tangga yang membuat kue ini namun tidak memperhatikan beberapa aspek penting dalam teknik pembuatannya makanya cake yang dihasilkanya pun juga ala kadarnya hasilnya.

Berikut ini saya akan memberikan tips teknik dasar yang terkadang disepelekan dan tidak diperhatikan. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba ya.

  1. Perhatikan tingkat kekentalan adonan saat melakukan mixing

Tips awal saya mulai dari proses pencampuran bahan bahan adonan. Teknik awal yang sering diremehkan untuk permulaan adalah di sesi ini. Biasanya kebanyakan orang akan menyepelekan tingkat kekentalan dari adonan mixing tersebut.

Untuk membuat adonan mixing yang sempurna dan mendapatkan kwalitas cake yang bagus pula, maka perhatikan adonan mixing tersebut.usahakan saat adonan masih dalam kategori kental bukan mencair pastikan semua bahan sudah tercampur rata semuanya. Ingat ya jangan sampai adonan masuk ke dalam kategori mencair.

kentel adonan

  1. Pengolesan Loyang dengan mentega putih dengan rata dan tebal

Pengolesan loyang sering diremehkan, padahal fungsi dari pengolesan loyang ini juga membantu proses pematangan cake yang sempurna dan memudahkan pelepasan cake saat sudah matang.

Untuk pengolesan loyang cetakan sebelum adonan dimasukkan ke dalamnya, pertama yang perlu diperhatikan adalah oleslah loyang tersebut dengan menggunakan mentega putih atau mentega olesan khusus untuk pengolesan. Jangan menggunakan mentega kuning atau margarin atau yang sejenis lainnya. Dan yang kedua oleslah loyang cetakan dengan merata mulai dari alas bawah dan dinding dindingnya dengan tebal jangan tipis.

pengolesan loyang

  1. Gunakan oven yang memakai api atas dan bawah

Jika kamu ingin membuat cake yang sempurna kamu wajib menggunakan oven yang mempunyai api atas dan api bawah.maksutnya adalah oven tersebut bisa mengeluarkan api dari atas dan dari bawah. Fungsi dari api bawah dan api atas ini sangat mempengaruhi hasil dan tingkat kematangan cake. Dengan menggunakan api atas dan bawah maka cake yang di oven akan mampu matang dengan rata di waktu yang tepat, jadi antara suhu dan kecepatan matang seimbang.

oven api

  1. Gunakan api suhu tinggi untuk memanggang kue

Suhu api sangat penting dalam hal ini. Jika kamu menginginkan kesempurnaan pembuatan cake, kamu wajib menggunakan suhu 180 sampai 200 derajat celcius. Dan pertahankan suhu api di angka tersebut sampai benar benar matang jika kamu tidak memakai oven yang otomatis suhunya. Namun jika kamu memakai oven yang otomatis settinganya, kamu cukup menyetting tombol digital suhu di angka 200.

api suhu

  1. Perhatikan ketepatan waktu untuk memasukkan adonan ke oven

Tips terakhirnya adalah timing atau dimana ketepatan waktu disaat kita mau memasukkan adonan cake ke dalam oven. Mayoritas, tidak ada yang memperhatikan hal ini karena mungkin berpikirnya yang penting adonan dipanggang di suhu tertentu dan tinggal tunggu matang saja. Pastinya tidak seperti itu.

Caranya seperti ini, pastikan dengan alat tekanan suhu bahwa suhu dalam oven kamu adalah sudah mencapai suhu 90 derajat. Nah di saat suhu dalam oven sudah mencapai 90, maka masukkan adonan. Dan tunggu sampai maksimal suhu 200 derajat. Jangan lebih ya.

ketepatan

Nah, kira-kira caranya seperti sobat-sobat pembuat kue. Mungkin kalau ada yang mempunyai cara lain yang bagus juga boleh dibagikan di kolom omentar di bawah ini. Sampai jumpa lagi sobat-sobat!


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill