Madu

APAKAH MADU ADA MASA KADALUARSANYA?

“Wah ini sih udah kadaluarsa nih, jangan dimakan!” begitulah teriakan seorang teman memperingatkan bahwa makanan yang ada di tangan dia sudah kadaluarsa.Kadaluarsa yang berarti sudah expired atau sudah basi merupakan sebuah istilah yang menyebutkan bahwa sebuah makanan sudah tidak layak untuk dimakan lagi. Pertanyaannya kini adalah, apakah semua makanan mengalami kadaluarsa? atau adakah makanan tertentu yang tidak pernah kadaluarsa/akan kadaluarsa dalam jangka waktu yang sangaaat lama? jawabannya ada!

Madu

Makanan tersebut bernama madu. Mengapa madu? madu yang dipercaya dari dulu sebagai obat beragam penyakit ini ternyata membuktikan dirinya bahwa zat ini memang tangguh dan dapat di andalkan. Menurut pernyataan para peneliti yang telah meneliti sebuah madu, menyatakan bahwa madu yang tersimpan dalam tempat yang terkunci bisa bertahan stabil selama puluhan bahkan mungkin bisa hingga berabad! Yang berarti, madu yang disimpan dalam sebuah tempat tertutup akan tetap stabil tak berubah kualitasnya dalam jangka waktu dekade (10 Tahun) atau bahkan abad (100 Tahun). Bahkan ada sebuah sumber lain lagi yang mengatakan jika para ahli purbakala menemukan sebuah fenomena unik, yakni mereka menemukan botol-botol madu mesir purbakala yang di dalamnya masih terdapat madu serta rasanya pun masih enak, padahal itu mungkin sudah bukan lagi hitungan abad lagi, sudah ribuan tahun!

 

Lalu apa yang membuat madu ini bisa begitu abadi? bahkan dalam hitungan abad pun madu masih bisa dikatakan stabil dan tak menurun kualitasnya. Ada suatu teori yang menyebutkan bahwa mikroorganisme semisal bakteri dan yang lainnya itu tidak dapat hidup di lingkungan yang memiliki tingkat keasaman(PH) sangat tinggi, nah ternyata madu ini memiliki kandungan PH yang tinggi, yakni sekitar 3,5 sampai 4,2 hal ini mengakibatkan mikroorganisme sulit untuk berreproduksi atau berkembang biak, selain itu madu juga dipercaya memiliki kandungan air yang sangat rendah sehingga makin meminimalisir kemungkinan mikroorganisme tersebut dapat hidup disana.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill