apakah madu bisa basi

Pertanyaan Banyak Orang, Apakah Madu Bisa Basi?

Madu adalah bahan makanan yang dipercaya banyak memberikan manfaat untuk tubuh. Contohnya untuk kecantikkan ataupun untuk kesehatan. Dan tentunya anda mempertanyakan, apakah madu bisa basi atau kadaluarsa? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan penting yang harus dijawab. Karena akan menambah pengetahuan dan membuat konsumen lebih berhati-hati jika mengonsumsinya.

4 Penjelasan Tentang Ketahanan Madu

Menurut beberapa sumber, diketahui bahwa madu memiliki ketahanan yang cukup lama. Atau, dapat dikatakan madu tidak memiliki kadaluarsa. Penasaran mengapa demikian? Berikut informasinya.

 

  1. Madu Memiliki Kandungan Air yang Sedikit

Madu merupakan makanan yang sangat jarang mengalami kadaluarsa. Salah satu alasannya adalah madu yang hanya memiliki kandungan air sangat sedikit. Sehingga membuat mikroorganisme kesulitan untuk hidup dan berkembang biak didalamnya.

 

Walaupun kecil, mikroorganisme tetap membutuhkan air untuk tumbuh. Namun, karena air tidak ada pada madu mikroorganisme penyebab kadaluarsa tidak dapat berkembang. Dan lama kelamaan bakteri akan mati dan tidak lagi berkembang.

 

  1. Kandungan PH yang Tinggi

Tingkat keasaman yang dimilkki oleh madu sangatlah tinggi. Hal inilah yang menyebabkan mikrooganisme penyebab kadaluarsa madu tidak dapat bertahan didalmnya. Adapun PH tersebut berada di angka 3,5-4,2. Namun tak perlu khawatir karena angka ini merupakan angka yang aman untuk madu dikonsumsi manusia.

 

Tingkat pH yang tinggi ini pulalah, yang membuat madu dapat bertahan dalam waktu lama. Menurut beberapa sumber, madu masih dapat digunakan hingga 100 tahun. Artinya, selama rasa dari madu belum mengalami perubahan, anda masih dapat mengonsumsinya.

 

  1. Mengandung Konsentrasi Gula Yang Tinggi

Asam bagi mikroorganisme sebaliknya untuk manusia. Madu memiliki kandungan gula yang tinggi, di mana kandungan ini membuat mikroorganisme tidak dapat bertahan hidup didalamnya. Tidak berkembangnya mikroorganisme inilah yang menyebabkan kadaluarsa madu sangat jarang terjadi.

wadah madu

contoh wadah madu

  1. Cara Penyimpanan Yang Tepat

Selain karena mengandung gula, asam serta air yang tinggi untuk menjaga madu dari kadaluarsa penting untuk menggunakan wadah tertutup. Hal ini akan menjaga masuknya mikroorganisme ataupun air. Karena air dapat menyebabkan perbedaan rasa asli madu tersebut. Jika mengonsumsi madu asli pada botol kaca, usahakan untuk menutupnya dengan erat agar tidak terlalu banyak udara yang masuk didalamnya.

 

  1. Kandungan Bakteri Baik

Tidak hanya itu, terdapat pula kandungan bakteri baik di dalam madu. Kandungan inilah yang nantinya akan membuat bakteri penyebab kadaluarsa mati. Hal inilah yang membuat ketahanan madu dapat terjaga walaupun dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, usahakan agar madu tidak terkena campuran bahan lain agar tetap dapat dikonsumsi.

 

Itulah beberapa alasan dan penjelasan tentang apakah madu bisa basi atau tidak. Dan jika madu telah merasakan perubahan dari rasa madu, jangan buang madu tersebut. Karena madu masih dapat digunakan untuk perawatan kecantikan.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill