Apakah Pasta Baik Untuk Kesehatan?

Apakah Pasta Baik Untuk Kesehatan?Siapa sih yang nggak tahu pasta? Makanan yang berbahan dasar tepung ini banyak di temukan di belahan dunia apalagi di Indonesia. Pasta diperkenalkan oleh Marcopolo di Italia pada abad ke-13 Pasta biasa disajikan sengan saus nya yang khas. Namun banyak yang mengira pasta tidak baik untuk kesehatan karena banyak orang berpikiran pasat banyak mengandung lemak dan kolesterol. Yuk kita simak hal-hal berikut ini apakah benar pasta tidak baik untuk kesehatan.

  1. Jenis-jenis pasta yang sering di temui di Indonesia

  • Spaghetti

Banyak orang menyebut hidangan pasta secara umum sebagai “spaghetti”. Padahal spaghetti adalah salah satu jenis dari pasta, lho. Pasta ini memang sangat populer di Indonesia, dengan bentuk yang menyerupai seperti mie. Hidangan spaghetti ini paling enak disajikan dengan keju atau bisa disebut dengan spaghetti Bolognese

  • Macaroni

Anda pasti sudah tidak asing dengan pasta yang satu ini. Bentuknya yang melengkung dengan bulatan di tengahnya sering kita jumpai di hidangan sup. Dan juga macaroni ini sering dijumpai dalam bentuk camilan yang proses pembuatannya digoreng dan diberi bumbu seperti barbeque,keju,dan lain-lain

  • Lasagna

Lasagna adalah pasta berbentuk lembaran dengan isian di dalamnya. Isian lasagna sangat bermacam macam. Mulai dari jamur,daging, dan sayuran bagi anda yang vegetarian.

  • Fusilli

Dengan bentuk kecil seperti macaroni ini, hanya saja fusilli berbentuk spiral. Anda juga bisa  memakai fusilli sebagai pengganti macaroni. fusilli cocok disajikan dengan saus creamy seperti carbonara atau alfredo.

  1. Kandungan dalam pasta

Ternyata pasta mengandung protein. Mungkin anda mengira pasta hanya mengandung karbohidrat. Kandungan protein dalam satu cangkir spaghetti yang Anda masak mengandung sebanyak 8 gram protein. Protein nabati untuk membantu perkembangan otak dan syaraf. Pasta yang terbuat dari gandum juga menyediakan sejumlah serat makanan. Serat dapat membantu melawan berbagai penyakit kronis termasuk obesitas dan diabetes  dan juga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Secangkir pasta yang terbuat dari  gandum mengandung 6,3 gram serat, menyediakan 17%  dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan 24% untuk wanita, yang sudah ditetapkan oleh Institute of Medicine. Pasta putih mengandung lebih rendah serat, yaitu 2,5 gram per porsi. Pasta ini sangat bagus untuk anda yang sedang dalam masa diet. Anda tidak perlu khawatir akan kandungan lemak yang ada di dalam pasta

  1. Tips dan trik untuk membuat pasta yang sehat

Pertama, kombinasikan pasta dengan sayuran.

  • Bayam mengandung vitamin yang berlimpah dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung.
  • Brokoli yang menurut penelitian dapat dipadukan dengan tomat baik juga untuk meningkatkan sifat pelindung dari penyakit kanker.
  • Kemangi mengandung anti oksidan yang dapat membantu melindungi dari penyakit jantung dan kanker.
  • Oregano untuk membantu meringankan gejala flu.
  • Bawang putih karena dianggap memiliki sifat antivirus dan anti bakteri.
  • Minyak zaitun mengandung lemak yang sehat bagi jantung dan juga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dari saus tomat dengan lebih mudah. Dan juga baik untuk anda yang sedang diet

Kedua, masak sendiri saus yang ingin anda padukan dengan pasta. Karena anda bisa mengetahui bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam saus tersebut. Dan juga anda bisa memilih bahan-bahan yang sehat dan berkualitas.

Ketiga, anda tidak boleh memasaknya terlalu lama. Karena kandungan-kandungan di dalam pasta akan hilang bila dimasak terlalu lama.

Apakah anda masih ragu untuk memakan pasta? Ternyata banyak sekali manfaat bila kita mengonsumsi pasta. Ini juga baik untuk anda yang sedang diet tapi ingin makan enak. Semoga dengan ini anda tidak lagi salah mengira tentang pasta.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill