ayam goreng

BAGAIMANA SIH CARA MENGGORENG AYAM AGAR RENYAH DAN SEDAP?

Sebenarnya, cara menggoreng ayam tidak sulit kalau Anda sudah menguasai tekniknya. Sebelum mempelajari dan mencoba aneka resep ayam goreng, alangkah lebih baik kalau Anda memahami cara menggoreng ayam dengan benar terlebih dahulu.

ayam goreng

  1. Jangan menggoreng ayam yang masih beku

Ayam yang sudah dimasak dengan bumbu dapat disimpan di freezer agar lebih tahan lama. Sehingga Anda bisa menggoreng ayam tersebut untuk sajian lauk ketika menginginkannya. Namun, jangan sampai Anda menggoreng ayam yang masih beku. Ayam beku dari freezer harus berada pada temperatur ruangan selama beberapa jam agar teksturnya tidak keras. Anda juga dapat menyiasatinya dengan cara memanaskan ayam beku dengan microwave. Sehingga proses penyesuaian temperatur ayam berlangsung lebih cepat. Menggoreng ayam yang masih beku hanya akan membuat bagian dalamnya sulit matang ketika permukaannya sudah kering.

  1. Menusuk-nusuk ayam dengan garpu

Menusuk-nusuk ayam dengan garpu tak cuma bermanfaat untuk membuat bumbu terserap sempurna. Cara tersebut juga akan membantu melunakkan serat-serat daging ayam. Sehingga panas dari minyak mudah diserap oleh daging ayam. Hasilnya, ayam goreng buatan Anda akan matang sempurna bila Anda menusuk-nusuknya terlebih dahulu dengan menggunakan garpu.

  1. Selalu menggunakan minyak goreng baru

Selain mempelajari cara menggoreng ayam, penggunaan minyak yang tepat juga penting untuk memperoleh hasil maksimal. Pastikan bahwa Anda selalu menggunakan minyak goreng baru saat akan menggoreng ayam. Minyak goreng yang baru akan membuat ayam goreng Anda terasa renyah dengan warna kuning keemasan yang sempurna. Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan cita rasa ayam yang tercampur dengan aroma makanan lain ketika Anda menggunakan minyak goreng baru.

ayam

  1. Jumlah minyak goreng harus banyak

Keberhasilan dalam proses menggoreng ayam juga ditentukan oleh jumlah minyak yang Anda gunakan. Anda harus menggunakan minyak dalam jumlah banyak. Supaya seluruh bagian ayam terendam sempurna di dalam minyak. Dengan demikian, ayam tidak akan matang sebagian dengan bagian tengah masih mentah. Seluruh bagian ayam akan memperoleh panas yang merata saat direndam minyak goreng.

  1. Menggoreng dengan margarin

Menggoreng ayam juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan margarin, khususnya ketika Anda mengolah sajian ayam dengan potongan-potongan yang kecil atau sedang, yang tidak terlalu membutuhkan proses perendaman pada minyak goreng.

  1. Pastikan bahwa api kompor selalu kecil

Sebaiknya Anda tidak menggoreng ayam dengan api besar. Karena api yang terlalu besar akan membuat ayam goreng mudah hangus saat bagian tengahnya masih mentah. Mulailah dengan memanaskan minyak goreng menggunakan api kecil. Jika minyak sudah cukup panas, barulah Anda bisa memasukkan ayam yang akan digoreng. Cara menggoreng ayam yang sederhana ini sangat mempengaruhi tampilan, cita rasa, dan aroma ayam goreng buatan Anda.

GORENG


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill