Bahaya Terlalu Sering Makan Junk Food

Bahaya Terlalu Sering Makan Junk Food

Ayo ngaku siapa yang sering memilih junk food untuk mengenyangkan perut disaat rasa lapar menggelora? Di era yang saat ini telah menjadi sangat modern ini, berpengaruh pada segala aktivitas manusia dituntut untuk dikerjakan dengan serba cepat.

Hal ini berpengaruh pada pola hidup yang juga instan. Bukanlah sesuatu yang jarang lagi apabila banyak orang mengambil jalan pintas ketika memilih makanan cepat saji yang sudah jelas tak perlu membutuhkan banyak waktu untuk dikonsumsi.

Junk food merupakan kata dari bahasa Inggris yang artinya makanan rendah gizi. Junk food merupakan istilah yang mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau dengan kata lain memiliki sangat sedikit kandungan nutrisinya. Pada umumnya makanan nirnutrisi mengandung jumlah lemak yang terhitung besar.

Meskipun pada sebagian besar orang telah mengetahui kandungan nutrisi di dalam junk food yang sedikit, namun tetap saja memilih untuk dijadikan alternatif atau bahkan menjadi pilihan sebagai makanan favorit.

Memanglah junk food memiliki rasa yang ternilai sedap dan pembuatannya pun tak memerlukan waktu yang banyak. Namun, jika terus mengonsumsi junk food dalam jangka panjang tentunya akan menjadi bahaya bagi tubuh.

Jajan junk food untuk sesekali tak masalah namun, janganlah terlalu sering bahkan dalam waktu jangka panjang karena itu akan sangat merugikan diri sendiri untuk ke depannya.

junk food meme

Bahaya terlalu sering makan junk food antara lain adalah

1.    Menjadikan Obesitas

Dengan sedikitnya nutrisi di dalam makanan Junk food namun sangat kaya akan kandungan gula, kalori, dan lemak tak sehat. Inilah yang menjadi penyebab berat badan seseorang dapat melonjak naik. Tubuh akan menimbun banyak lemak tak sehat yang mana lemak ini dapat memicu berbagai penyakit berbahaya lain seperti diabetes, jantung, jantung, dll.

2.    Menyebabkan Diabetes

Diabetes kini tak hanya disebabkan oleh faktor keturunan atau usia, namun dapat juga disebabkan oleh pola hidup yang tak sehat seperti terlalu banyak konsumsi junk food. Mengapa? Dalam junk food mengandung kalori tak jenuh yang tinggi, di mana ini dapat menyebabkan resistensi terhadap insulin sehingga menyebabkan banyak glukosa menumpuk di aliran darah.

3.    Menghambat Pencernaan

Makanan junk food memanglah mengandung serat yang sedikit sehingga ini yang membuat sistem pencernaan dalam tubuh harus bekerja lebih ekstra untuk setiap mengolah makanan. Selain kurangnya serat, junk food memiliki minyak yang dapat menempel pada dinding lambung sehingga meningkatkan produksi asam. Hal tersebut membuat para indvidu yang mengonsumsi junk food dalam jangka panjang akan mengalami masalah lambung.

4.    Gangguan ginjal

Makanan junk food seperti kentang goreng atau keripik memiliki cita rasa yang memanjakan lidah, akan tetapi kandungan garam halus di dalamnya membuat meningkatnya air liur dan sekresi enzim, yang efeknya membuat ketagihan junk food.

Di dalam suatu junk food memiliki kandungan lemak jahat dan juga natrium yang tinggi (berasal dari garam), hal tersebut yang mengakibatkan terganggunya keseimbangan sodium-potasium tubuh, yang memicu hipertensi.

Bahaya yang paling besar adalah mengganggu kerja ginjal sebagai penyaring semua racun dari darah, sehingga terjadinya gangguan pada ginjal sangat berbahaya.

5.    Merusak organ hati

Bahaya junk food lainnya adalah dapat merugikan kesehatan yang berkaitan dengan organ hati. Suatu ketika terdapat sekelompok individu yang melakukan studi lebih lanjut tentang junk food dan mereka berhasil menunjukkan bahwa para individu yang lebih sering mengonsumsi junk food, serta malas untuk berolahraga akan mengalami perubahan enzim hati hanya dalam waktu empat minggu. Bahkan masalah yang seperti ini sama seperti yang dialami oleh mereka yang suka mengkonsumsi alkohol.

Jika penjelasan yang didapatkan dari beberapa penelitian, bahwa junk food dapat merusak hati karena terjadinya pengendapan lemak trans di organ hati, yang mengakibatkan terjadinya disfungsi pada organ hati.

6.    Menyebabkan kanker

Bahkan bahaya junk food bisa menyebabkan penyakit kanker. Penyebab kanker pada umumnya adalah makanan yang dikalengkan karena mengandung bisphenol-A (BPA), yang di mana BPA ini  memiliki sifat estrogenik dalam sel kanker payudara dan dapat mengganggu fungsi normal hormon. Selain BPA, makanan cepat saji juga mengandung banyak zat kimia berbahaya dan pengawet yang jika dikonsumsi dalam waktu yang lama akan memicu kanker.

Itulah beberapa bahaya terlalu sering makan Junk Food. Masihkah berminat jika mengonsumsi junk food dalam jangka panjang menawarkan kerugian bagi diri sendiri.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill