Artikel 3 Inspirasi Baking - Baking - Art or Science

Baking is Art or Science?

Mungkin Anda pernah menemukan pernyataan “cooking is an art, baking is a science”, yang berarti cooking (memasak) adalah bentuk seni dari presentasi warna dan variasi rasa, sedangkan jika suatu makanan melalui proses pemanggangan atau baking berarti makanan tersebut dibuat dengan mengikuti formula resep yang pas dan apabila ada kesalahan menyebabkan kegagalan dalam membuat makanan. Banyak ahli makanan dan chef profesional yang tidak menyetujui pernyataan baik “cooking is an art” ataupun “baking is a science”. Karena itu berarti menganggap bahwa kegiatan memasak dan memanggang tidak dapat dipahami sebagai seni dan ilmu.

Keduanya, cooking dan baking memiliki perbedaan pada teknik mengolah bahan makanan. Cooking menggunakan panas api untuk memanaskan bahan makanan agar dapat dikonsumsi, sedangkan baking mematangkan makanan tanpa menggunakan minyak atau air melainkan dengan oven.

Seni dalam baking membutuhkan keakuratan dan ketelitian, mulai dari jumlah bahan makanan yang akan digunakan, ukuran wadah yang digunakan ketika memanggang, dan setiap langkah-langkah yang dilakukan harus sesuai dengan panduan resep. Selain itu Anda juga harus memiliki pemahaman tentang bagaimana bahan-bahan yang berbeda dapat mempengaruhi satu sama lain, mempengaruhi keberhasilan dalam pembuatan makanan, dan proses yang terjadi ketika bahan tersebut dipanggang. Inilah yang menyebabkan baking dianggap sebagai suatu ilmu, bukan seni.

Jika Anda pernah mengikuti kelas memasak, Anda pasti mengetahui istilah ini. Tetapi bagi Anda yang belum, ini hanyalah tentang persepsi yang salah dan banyak tertanam di benak orang. Dalam dunia baking, setiap kali membuat adonan, kita seringkali harus memperhatikan urutan langkah-langkah dalam mencampur bahan makanan serta kita perlu mengenal istilah mixing, heating, dan cooling untuk menghasilkan jenis makanan yang berbeda. Sepertinya memang terlalu rumit untuk dipahami bukan?

Tidak seperti cooking, Anda tidak bisa sekedar mencampur bahan makanan atau mengatur suhu oven berdasarkan perkiraan Anda, karena jika Anda melakukan hal tersebut sama saja dengan merusak hidangan Anda. Waktu dan suhu adalah hal yang sangat diperhatikan dalam baking. Tetapi baking adalah hal yang menyenangkan dilakukan. Terlebih lagi jika Anda menyukai melakukan eksperimen dengan bahan makanan di dapur. Setelah Anda menyadari bahwa Anda dapat mengubah konsep ilmu ini menjadi seni, Anda telah menciptakan karya yang luar biasa.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia