Berapa Lama Ketahanan Pizza untuk Aman Dimakan

Berapa Lama Ketahanan Pizza untuk Aman Dimakan?

Setiap orang pasti pernah mengalami hal yang satu ini terutama jika kamu tinggal sendirian. Makanan sisa yang masih banyak tentu akan sayang jika dibuang. Alternatif yang dipilih adalah menyimpan makanan ini dan memakannya lagi keesokan harinya.

Termasuk pizza, makanan ini seringkali tak sekaligus dimakan habis. Setelah dibiarkan, berapa lama sisa pizza aman dimakan lagi?

Pesan pizza sekaligus dalam jumlah banyak, sering tersisa karena tak habis dimakan. Biasanya dibiarkan dalam suhu ruangan atau disimpan dalam lemari es. Makanan sisa selalu membingungkan dan membuat kita ragu apakah masih layak dimakan atau tidak. Pizza sisa masih aman dimakan dalam batas waktu tertentu tergantung dimana Kamu menyimpannya.

Jika Kamu menyimpannya di luar atau di dalam suhu kamar lebih dari 2 jam, pizza sudah tidak aman dimakan. Menurut USDA (US Department of Agriculture), semua makanan termasuk pizza tidak aman dimakan setelah berada di suhu kamar selama semalam.

Baik pizza dengan topping daging atau tidak. Dengan membiarkan pizza dalam suhu ruang terlalu lama akan meningkatkan risiko tercemar oleh bakteri penyebab keracunan makanan. USDA menunjukkan ‘zona bahaya’ saat makanan yang mudah basi disimpan di temperatur antara 4-60 C. Jumlah bakteri penyebab penyakit akibat makanan dapat berkembang 2 kali lipat di zona bahaya ini.

Namun, jika pizza Kamu didinginkan disimpan dalam lemari es dengan suhu rendah dari 4 derajat celcius. Pizza aman dikonsumsi hingga 4 hari. Jika Kamu ingin memakannya setelah disimpan 5 hari, sebenarnya masih aman tetapi setelah 4 hari ada risiko pizza tercemar penyakit akibat makanan. Berikut ada beberapa cara penyimpanan pizza agar masih aman untuk di konsumsinya.

Memakai seal plastic

Jika pizza yang tersisa tidak begitu memiliki topping yang saucy, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam kantong plastik yang bisa di-seal. Kejunya mungkin sudah agak mengeras dan cukup dingin sehingga tidak akan saling menempel dan lengket jika dimasukkan ke dalam kantong.

Dan setelah segelnya tertutup rapat, kantong plastik berisi pizza bisa langsung dimasukkan ke dalam lemari es. Dan keesokannya bisa dihangatkan kembali dengan memanggangnya dalam oven. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan topping seperti saus, keju, atau potongan sayuran lainnya.

Memakai plastic wrap

Jika pizza memiliki topping yang mungkin akan berjatuhan jika tidak disusun dengan benar dan terlalu saucy, cara ini sangat pas digunakan. Tempatkan potongan pizza di atas piring, lapisi dengan kertas lilin atau foil lalu susun bergantian pizza dan kertas sampai semua potongan pizza berada di piring.

Setelah itu bungkus rapat dengan plastic wrap sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Cara ini juga tidak memakan banyak tempat dalam lemari es dan tidak membuat pizza kering.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia