artikel-8-inspirasi-baking-bisakah-membuat-kue-tanpa-gula

Bisakah Membuat Kue Tanpa Gula?

Gula adalah salah satu komposisi penting dalam pembuatan kue. Gula yang digunakan bermacam-macam jenisnya dan tergantung pada seberapa banyak yang dibutuhkan untuk membuat tekstur kue yang lembut atau renyah. Tidak hanya sebagai pemanis, gula juga berperan dalam proses masaknya kue. Semakin banyak ditambahkan ke dalam kue, maka rasa yang dihasilkan akan semakin manis dan tekstur kue akan semakin renyah hingga meninggalkan banyak remahan roti. Sedangkan apabila menggunakan sedikit gula, maka proses masak kue akan sedikit lama dan kue menjadi sedikit lebih padat serta berwarna lebih pucat. Simak Peran Gula dalam Pembuatan Kue, untuk mengetahui lebih detailnya.

Bagi Anda yang ingin menerapkan pola hidup yang sehat, ada beberapa jenis bahan makanan sebagai pengganti gula untuk membuat kue yang enak dan lezat.

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah dan sayuran adalah bahan yang paling alami dan sehat untuk menggantikan gula dalam pembuatan kue Anda. Dikarenakan serat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, buah dan sayuran adalah bahan yang tepat bagi Anda yang ingin menjaga kadar gula dalam tubuh. Buah yang sering digunakan untuk kue adalah pisang, nanas, mangga, jeruk, cherry, apel, dan masih banyak jenis buah yang lainnya yang memiliki rasa manis. Sedangkan sayuran yang sering digunakan adalah ubi jalar, labu, wortel, dan sayuran lainnya yang kaya akan serat. Cara yang umum digunakan adalah dengan memblender buah dan sayuran kemudian disaring untuk mendapatkan sarinya yang akan dimanfaatkan sebagai pengganti gula.

Sirup

Sirup seperti sirup beras merah atau mapel memiliki kandungan glukosa dan fruktosa. Meskipun sirup beras merah bukan merupakan pemanis alami, tetapi sirup tersebut memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan gula. Sedangkan sirup mapel memiliki kandungan seng dan mangan yang dapat menggantikan gula dalam kue. Tetapi pastikan Anda memilih sirup mapel yang asli.

Nektar agave

Salah satu bahan alternatif lainnya adalah nektar agave, yang mengalami suatu proses sederhana dan memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah dibandingkan gula. Sehingga lebih aman digunakan sebagai pemanis untuk kue.

Gula Stevia

Stevia adalah suatu jenis tanaman yang dapat menghasilkan rasa manis dan bebas kalori. Sehingga stevia dinilai lebih baik daripada gula. Tingkat kemanisannya hingga mencapai 200 – 300 kali dibandingkan tebu serta rendah kalori yang aman bagi penderita diabetes dan obesitas. Bahkan stevia diyakini dapat menurunkan berat badan dan mereduksi makanan yang mengandung banyak lemak.

Gula Kelapa

Gula yang terbuat dari ekstrak getah pohon kelapa atau nira ini mirip dengan gula pasir. Gula kelapa dapat berupa gula merah atau aren. Gula kelapa memiliki kandungan kalsium, fosfor, zat besi yang lebih tinggi dibanding gula pasir.

Madu

Salah satu keunggulan yang dimiliki madu adalah tingkat kemanisannya tidak meningkatkan gula dalam darah dalam waktu yang cepat, tetapi kalori yang terdapat lebih besar dibandingkan gula pasir. Gula memiliki sekitar 132 mg potassium yang membantu dalam meredakan sakit tenggorokan dan vitamin B dan C yang baik untuk imunitas tubuh.

Xylitol

Xylitol merupakan pemanis buatan yang didapat dari bahan-bahan alami seperti sekam jagung, jamur, rashberry, jagung, dan buah beri. Kadar gula darah tidak banyak dipengaruhi oleh xylitol sehingga pemanis buatan ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan hiperglikemia. Pemanis buatan xylitol lebih sering digunakan untuk bahan pembuatan permen karet tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk kue.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia