Mulyadi-min (1)

Bisnis Keluarga Awali Kesuksesan Mulyadi

Mulyadi-SriBogaMeneruskan bisnis keluarga bukanlah hal yang mudah. Ada yang bisa bertahan beberapa generasi ada pula yang terhenti begitu saja karena adanya masalah internal.Tentu generasi penerus haruslah memiliki jiwa entrepreneur yang kuat. Seiring dengan semakin berkembangnya lahan bisnis yang ada terlebih bisnis kuliner.

Sama halnya dengan Mulyadi, seorang pengusaha bakery di Kabupaten Jepara. Berkat keahlian dan keterampilan yang diajarkan oleh orang tuanya sejak kecil, ia kini dipercaya untuk melanjutkan usaha roti kedua orang tuanya.

Lahir di lingkungan pelestari kue dan roti tradisional, membuat jiwanya turut terpanggil  untuk masuk berkecimpung di dunia industri kuliner ini. Ya, Desa Bugo di Kabupaten Jepara memang dinobatkan sebagai sentra industri kue dan roti dengan diresmikannya pusat dan pasar perdagangan aneka kue dan roti.

“Saya dari kecil sudah diajarkan orang tua untuk membantu membuat kue seperti bolang-baling, untir-untir dan kue tradisional lainnya,”tutur laki-laki 44 tahun ini.

Berbekal dari pengalaman semasa kecilnya tersebut, kini Mulyadi dipercaya sebagai Supervisor UKM binaan PT Sriboga Fluor Mill. Namun jauh sebelum itu, ia pernah menjabat sebagai ketua koperasi karya boga di desa Bugo Jepara, selain itu ia juga memiliki usaha roti yang turun temurun dari orang tuanya.

Koperasi karya boga yang dibentuknya beranggotakan 65 pengusaha roti dan kue yang didaerahnya. “Anggota kami ini, tidak hanya bagi para pengusaha yang memiliki bisnis yang mulai berkembang akan tetapi juga diperuntukkan bagi pengusaha pemula,”jelasnya

Namun jangan salah, disamping latar belakangnya sebagai seorang pengusaha bakery, Mulyadi juga memiliki ijazah pendidikan tinggi. Berkat pengalamannya itu, ia kerap mendapat motivasi untuk melaksanakan pelatihan bagi para anggota koperasinya. Pelatihan- pelatihan yang ia selenggarakan seperti inovasi resep, pembuatan roti bagi pemula, dan manajemen administrasi bisnis. Mulai dari kepengurusannya di koperasi tersebut ia mulai mengenal Sriboga.

Di tahun 2010 setelah koperasi yang dibinanya bermitra dengan Sriboga, ia diminta untuk bergabung di Divisi UKM Sriboga. Sejak saat itulah ia mulai melakukan pendampingan dan berinteraksi dengan beberapa mitra Sriboga termasuk koperasi yang dulu pernah dibinanya.

Kini, usaha roti manis Mulyadi terus berkembang apalagi setelah mendapat inovasi dari Sriboga. Berkat bantuan sang istri pula, roti-rotinya mulai dipasarkan hingga ke beberapa Kota.

“Walaupun sekarang saya di Sriboga, masih ada istri yang terus memasarkan roti-roti kami.”

Selain menjalankan usaha rotiya, ia mulai melakukan ekspansi ke bisnis baru yakni  percetakan kertas dan plastik.

“Awalnya dari kecil sudah terbiasa bantu orang tua bikin aneka kue sehingga sampe sekarang kenal Sriboga kemudian ada pengembangan. Yang dulu roti tradisional kini karena banyak ikut pelatihan jadi berkembang dari roti manis tradisional jadi roti modern.”

Diakuinya dukungan yang berasal dari keluarga dirasakan amatlah besar. Terlebih istrinya yang setia  mendampingi dan memantau perjalanan usaha keluarganya.

“Harapan saya,usaha yang sudah kami rintis bisa diteruskan sama anak-anak saya setelah lulus sekolah nanti. Saya berharap bisnis ini bisa turun temurun,”pungkasnya [HLP]

BIODATA

Nama                                    : Mulyadi

Tempat/Tanggal Lahir     : Jepara, 12 April 1972

Alamat                                  : Bugo RT 01/02 Welahan, Jepara


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia