Artikel 11 Inspirasi Baking - Butter Cream atau Whip Cream, Cara Memilihnya

Butter Cream atau Whipped Cream, Mau Pilih yang Mana?

Menghias kue adalah hal yang paling menyenangkan dari kesemua proses pembuatan kue. Bahan yang biasanya paling sering digunakan adalah butter cream dan whipping cream. Tetapi apakah Anda mengetahui perbedaan keduanya? Dan bagaimana cara memilih mana yang sebaiknya digunakan? Kedua jenis cream ini memang sering digunakan karena mudah diaplikasikan dan bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk hiasan. Jadi, mari kita langsung saja membahas perbedaannya dan cara memilihnya.

Butter cream dan whip cream memang memiliki persamaan, yaitu sama-sama creamy dan lembut, tetapi keduanya berbeda. Perbedaannya dapat dilihat dari segi bahan pembuatan, tekstur, dan rasanya. Krim kocok atau whipped cream adalah Krim berbentuk cair, kandungan lemaknya 30-35%. Meskipun kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, masih bisa dikocok sampai mengeras. Sedangkan butter cream lebih tinggi kadar lemaknya karena terbuat dari susu kental manis, gula, dan mentega. Selain itu rasa butter cream tidak semanis whipped cream. Meskipun tidak manis, tetapi butter cream lebih terjangkau dibandingkan whipped cream.

Cara untuk memilih keduanya adalah dengan menyesuaikan suhu ruangan. Jika kue Anda akan disajikan pada ruang yang ber-AC, indoor, dan dingin, sebaiknya gunakan hipped cream sebagai bahan dekorasi kue Anda. Sebaliknya, untuk suhu ruangan yang agak panas, butter cream adalah pilihan yang tepat. Hal ini dilakukan karena butter cream lebih kuat bertahan dalam suhu yang panas, sedangkan whip cream lebih sensitif dan sama sekali tidak diperbolehkan terkena suhu yang panas.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia