artikel-2-inspirasi-baking-tips-aman-menggunakan-microwave

Cara Aman Menggunakan Microwave

Microwave adalah salah satu perabot dapur yang sangat membantu proses memasak dan pemanasan makanan dalam waktu yang singkat. Perangkat ini menggunakan radiasi gelombang micro (microwave) yang diserap oleh molekul air yang ada di dalam makanan. Oleh karena itu, makanan yang dihangatkan dengan mucrowave, bagian dalamnya akan lebih cepat panas daripada bagian permukaannya. Microwave memiliki kondisi khusus yang sebaiknya Anda perhatikan agar penggunaannya tetap aman. Dan berikut ini adalah tips dalam menggunakan microwave yang aman:

Meletakkan Microwate di Tempat yang Aman dan Mengikuti Panduan Penggunaan Microwave

Jauhkan microwave dari peralatan masak elektronik yang lain, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Beri jarak antara sisi belakang microwave dengan dinding atau benda lain. Dan akan lebih baik jika Anda menyediakan terminal kontak listrik khusus untuk microwave. Hindari penggunaan terminal kontak listrik bersamaan dengan alat listrik yang lain.

Microwave memiliki berbagai jenis yang berbeda mengenai cara menggunakannya, Anda perlu mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan. Bacalah buku panduan atau buku manual penggunaan microwave dan simpan di dekat microwave apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Begitu juga dengan panduan produk makanan yang mencantumkan instruksi cara memasaknya, bacalah instruksi tersebut agar kualitas citra makanan terjaga dan proses memasaknya dapat berjalan dengan aman.

Menggunakan Wadah Khusus untuk Microwave dan Penutup yang Memiliki Lubang

Pastikan wadah yang Anda gunakan untuk memanggang atau memanaskan makanan terbuat dari bahan plastik dengan tanda khusus “Microwave-Safe” pada bagian bawah. Wadah yang tidak aman untuk microwave adalah yang bisa berubah bentuk seperti meleleh dan bahan kimia yang terkandung dalam wadah tersebut menjadi terurai dan bercampur dengan makanan atau menguap sebagai uap yang berbahaya. Hindari wadah yang terbuat dari logam karena bisa memunculkan percikan api di dalam microwave. Ketika Anda menutup makanan, pastikan Anda membubuhkan lubang di penutupnya sebagai ventilasi. Karena jika tidak, akan ada letupan panas ketika Anda membuka microwave.

Biarkan Makanan Sejenak dan Menggunakan Sarung Tangan Oven

Setelah makanan matang, Anda perlu menunggu minimal satu menit sebelum mengeluarkan makanan dari microwave. Dan gunakan sarung tangan oven untuk mengeluarkan wadah makanan tersebut, karena wadah masih sangat panas dan membahayakan kulit Anda.

Bersihkan Microwave Secara Teratur

Meskipun microwave hanya digunakan dalam waktu yang singkat, seperti sekedar untuk menghangatkan makanan, memanggang kue, roti, dan aktivitas lainnya, microwave perlu dibersihkan agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan lemon atau cuka, sabun cuci piring, dan pembersih jendela. Untuk cara pembersihannya, Anda bisa membaca artikel mengenai 3 Cara Sederhana Membersihkan Microwave.

Jika Ada Kerusakaan, Jangan Diperbaiki Sendiri

Microwave merupakan alat elektronik yang kompleks berisi magnetron, transformator yang bertegangan tinggi, pelindung termal, sirkuit elektronik yang rumit, dan berbagai komponen yang lainnya. Jika terjadi kerusakan dengan microwave Anda, hubungi pusat servis resmi yang terdapat pada kartu garansi produk microwave Anda.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia