coklat

Cara Melelehkan Coklat Tidak Ribet Dan Mudah Mempraktekannya

Sepertinya semua kalangan baik yang anak-anak maupun yang sudah dewasa menyukai makanan ini. Ya coklat, makanan yang memiliki rasa manis dan sedikit pahit ini banyak menjadi bahan tambahan untuk makanan dan minuman. Banyak informasi juga mengatakan jika mengkonsumsi coklat dapat memperbaiki mood yang rusak sehingga Anda bisa ceria lagi seperti biasanya. Apakah itu betul ?

Namun jika mengkonsumsi terus-terusan makanan atau minuman berbahan coklat tentunya boros. Oleh karena itu lebih baik Anda membuat kreasi coklat sendiri. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melelehkan coklat. Walaupun terdengar sepele namun ada cara melelehkan coklat yang benar yang perlu Anda ketahui.
coklat
Ikutilah Cara Melelehkan Coklat Di Bawah Ini
Terdengar sepele memang untuk melelehkan coklat namun jika salah melakukannya yang ada coklat Anda bisa gosong dan Anda gagal membuat kreasi makanan berbahan coklat ini. Sangat menyebalkan bukan jika hal itu terjadi? Oleh karena itu Anda bisa mengikuti beberapa cara melelehkan coklat yang ada pada list di bawah ini. Berikut informasi selengkapnya,

1. Memotong Coklat Batangan Menjadi Bagian-Bagian Kecil
Yang perlu Anda ketahui sebelum melelehkan coklat adalah jangan letakan coklat batangan yang Anda punya di dalam kulkas karena akan lebih susah untuk dilelehkan nantinya. Jika Anda sudah terlanjur meletakannya di kulkas maka letakan coklat beberapa saat di suhu ruang. Setelah itu silahkan potong atau serut coklat tadi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dengan tujuan agar coklat lebih cepat meleleh.

2. Gunakan Metode Tim Untuk Melelehkan Coklat
Ada cara melelehkan coklat yang biasa dilakukan yaitu dengan menggunakan metode tim. Yang perlu Anda siapkan adalah panci yang diisi dengan air dan panaskan tunggu hingga air menjadi panas. Sembari menunggu air panas, Anda bisa meletakan potongan kecil coklat kedalam mangkok berbahan kaca yang tahan panas. Setelah air memanas, letakan mangkok berisi coklat tadi ke atas air di dalam panci. Aduk coklat dengan mengunakan spatula dan usahakan jangan sampai air panas tersebut meluap-luap.

3. Perhatikan Jenis Coklat
Kenapa harus memperhatikan jenis coklat? Anda harus memperhatikannya karena jenis coklat mempengaruhi jenis api yang digunakan saat melelehkannya. Jika dark coklat atau milk coklat Anda bisa melelehkan menggunakan api yang sedang. Jika yang akan Anda lelehkan adalah coklat putih atau coklat berwarna maka Anda bisa menggunakan api yang kecil saat melelehkan coklat ini.

4. Mencampurkan Coklat Dengan Bahan-Bahan Kreasi Yang Lainnya
Saat Anda melelehkan coklat tentunya coklat bisa kembali mengeras dengan cepat. Untuk mengatasi hal itu Anda bisa mencampurkan coklat dengan bahan lain agar coklat tidak cepet mengeras. Salah satunya adalah dengan mencampurkan lelehan coklat dengan susu dan juga mentega. Coklat yang dihasilkan akan terasa lebih lembut dan yang terpenting coklat tidak mudah mengeras kembali.

5. Hindari Air Saat Sedang Melelehkan Coklat
Saat melelehkan coklat terutama sangat mengunakan metode tim maka hindari coklat yang Anda lelehkan dari percikan air. Air ini mampu membuat coklat menggumpal dan sulit untuk dilelehkan. Jika sudah terlanjur terpercik air maka Anda bisa menambahkan sedikit mentega ke dalam coklat Anda.

leleh

Bagaimana mudah bukan cara melelehkan coklat yang benar? Tidak susah seperti yang Anda bayangkan sebelumnya. Satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda melekan coklat adalah jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsa coklat tersebut. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba berkreasi.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill