Artikel 11 Inspirasi Baking - Cara untuk Menguji Kualitas Ragi yang Masih Bagus atau Tidak

Cara Menguji Kualitas Ragi yang Masih Baik atau Buruk

Ragi adalah bahan utama dan memiliki peranan yang sangat penting dalam pembuatan roti, karena ragi diperlukan dalam proses fermentasi adonan roti dan kue. Proses fermentasi berarti mengubah gula menjadi gas karbon dioksida (CO2) untuk membuat adonan menjadi mengembang. Selain itu, ragi merupakan sumber pematang adonan, dan mengembangkan rasa pada saat fermentasi, memperkuat adonan roti.

Jika Anda pernah mengalami masalah seperti adonan roti atau kue Anda tidak dapat mengembang dan tidak ada perubahan yang terjadi, maka kemungkinannya adalah kualitas ragi yang Anda gunakan sudah tidak bagus lagi. Dengan kata lain, ragi Anda sudah tidak aktif lagi. Tanggal kadaluarsa mungkin masih lama tetapi ragi Anda tidak berfungsi lagi, kemungkinannya adalah penyimpanan ragi yang diletakkan di sembarang tempat atau wadah. Misal, Anda tidak menyimpannya di wadah tersegel rapat di dalam kulkas.

Di sisi lain, mungkin Anda baru memberli produk ragi dari supermarket atau toko namun masih ragu dengan kualitasnya. Ada umumnya, ragi yang berkualitas bagus adalah yang berbau sedap (seperti buah apel), terasa dingin apabila diraba, berwarna krem, butiran-butiran kecil dan bersih. Sedangkan untuk ragi yang berkualitas kurang atau sudah buruk memiliki ciri sebaliknya, berwarna cerah, kering, terasa hangat apabila diraba, dan berbau tidak enak. Selain ciri-ciri tersebut, ada cara lain untuk mengetahui apakah ragi Anda masih memiliki kelayakan atua kualitas yang bagus atau buruk. Cara-cara tersebut adalah:

Sediakan 100 ml air hangat (setengah gelas), sediakan 1 sendok, 1 sendok ragi yang akan diuji, dan sediakan gula pasir sebanyak 1 sendok teh atau setengah sendok makan. Kemudian masukkan semua bahan ke dalam air hangat dan perhatikan dengan sesama jika ada buih yang muncul dari reaksi bercampurnya bahan-bahan tersebut. Jika ada buih, itu berarti ragi tersebut masih dapat digunakan karena kualitasnya masih baik.

Perlu diingat bahwa busa bisa saja tidak langsung muncul katika ragi ditambahkan ke larutan air gula hangat. Biasanya perlu waktu 3 hingga 5 menit untuk menunggu busanya muncul ke permukaan larutan. Simpan kembali ragi tersebut ke dalam wadah kedap udara atau Anda dapat membuangnya jika ragi sudah tidak dapat digunakan.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia