1

Cara Menjaga Dapur Tetap Bersih dan Sehat

Menjaga kebersihan dapur merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Dapur menjadi tempat sibuk bagi para perempuan setiap harinya. Mereka memasak, menyiapkan makanan untuk keluarganya. Untuk menjaga kebersihan makanan yang disajikan untuk keluarga pastilah harus bersih dan sehat. Tidak ingin seorang dari keluarga sakit bukan? Oleh sebab itu kita harus menjaga kebersihan dapur beserta alat-alatnya agar tetap bersih sehingga terbebas dari kuman penyakit. Berikut cara menjaga dapur tetap bersih dan sehat:

  1. Jaga kebersihan dapur

Untuk menjaga kebersihan dapur hal pertama yang dapat kita lakukan yaitu dengan membersiihkan tempat sampah. Tempat sampah merupakan sarang kuman. Bersihkan tempat seminggu sekali untuk menghindari bau yang tidak sedap. Untuk menghindari aropa sampah menyebar keluar sebaiknya tempat sampah yang digunakan memiliki penutup. Selanjutnya kita bisa membersihkan benda-benda didapur walaupun dengan sekedar mengelapnya. Jangan lupa untuk membersihkan lantainya juga yaaa. Bersihkan meja-meja tempat memasak dengan mengelapnya.

  1. Menjaga kebersihan makanan

Untuk bahan makanan daging, kita bisa menyimpannya di freezer. Sebelum memasukkanya, pastikan daging terbungkus dengan baik. Sebelum menggunakan bahan-bahan sayur atau buah-buahan, bersihkan terlebih dahullu dengan mencucinya. Untuk penyimpanan makan di kulkas, lakukan dengan memisahkan sesuai jenisnya. Rak di pintu merupakan tempat untuk makanan yang tidak perlu terlalu didinginkan seperti mentega dan keju, serta minuman. Rak atas merupakan tempat yang paling dingin dan cocok untuk tempat telur dan susu. Kulkas modern biasanya memiliki dua laci yang bisa dilepas. Satu laci berfungsi untuk menyimpan daging, dan satu lagi untuk buah dan sayuran. Pastikan semua laci dan rak kulkas Anda dibersihkan secara rutin.

  1. Rapikan dapur

Bagi dapur Anda menjadi beberapa bagian lalu pilih satu yang ingin Anda rapikan terlebih dahulu. Ini akan membuat konsentrasi Anda lebih tajam dan efisien. Lemari: gelas dan piring. Permukaan konter: alat masak kecil dan tempat menyiapkan makanan. Di bawah konter: panci, wajan, dan alat besar lainnya. Pantry: bumbu, makanan dalam kantong besar, dan makanan yang tidak bisa hancur. Kulkas dan frezer. Di bawah wastafel: bahan kimia, spons, dan cairan dan alat pembersih.

Lakukan tips berikut untuk menjaga kebersihan dapur:

  • Jauhkan tempat kotoran hewan dari dapur. Letakkan benda ini di ruangan yang cocok seperti kamar mandi, garasi, atau ruang cuci.
  • Gunakan sarung tangan dan pakaian yang tepat ketika membersihkan dapur.
  • Jika Anda punya hewa peliharaan, jangan tinggalkan piring kotor bekas makanan begitu saja. Piring tersebut akan memancing lalat dan tikus. Pastikan dapur Anda bebas dari bulu hewan karena itu juga bisa menjadi penyebab alergi dan asma.
  • Lap tumpahan atau cipratan makanan di microwave jika ada. Membersihkan gumpalan keju yang mengeras di dalam microwave tentu lebih merepotkan daripada mengelapnya dengan kain atau tisu ketika kejunya masi berupa lelehan.

 

 


1 Comment
Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia