dapur pilihan - fb

Cara Menjaga Kebersihan Dapur

Memasak merupakan aktivitas sehari-hari baik untuk ibu rumah tangga maupun asisten rumah tangga Anda. Aktivitas tersebut menyebabkan adanya kotoran diarea tempa Anda memasak, mulai dari kotoran yang berasan dari minyak, sampah makanan, debu dan lainnya. Jika dapur Anda kotor, ini akan berpengaruh pada kesehatan Anda, bagaimana tidak? Tempat Anda mengolah makanan penuh dengan kuman, maka makanan yang Anda hasilkan tentu sedikit banyak akan terkontaminasi oleh kuman-kuman tersebut.

Menjaga kebersihan dapur itu penting, berikut ini kami telah merangkum beberapa tips dalam menjaga kebersihan dapur:

Pilih Material yang Mudah Dibersihkan

Penggunaan material kayu cukup membuat Anda kesulitan dalam hal pembersihannya di dapur. Oleh sebab itu, pilih material penutup dinding, lantai serta dinding backsplash yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap air. Misalnya menggunakan keramik sebagai penutup lantai atau solid surface pada permukaan top table. Jika Anda membiarkan backsplash hanya berupa tembok yang dicat, ada kemungkinan dinding dapur Anda akan rusak.

Cuci Peralatan Masak

Setelah selesai memasak, segera cuci semua peralatan masak yang tadi digunakan. Jangan menunda untuk mencuci peralatan masak yang kotor karena noda yang tertinggal akan semakin sulit dihilangkan jika semakin lama dicuci.

Gunakan Cooker Hood

Cooker hood, salah satu perangkat dapur yang mampu menghisap asap dan bau tak sedap. Asap yang dihasilkan dari proses memasak akan dihisap melalui cerobong asap dan dikeluarkan ke ruang luar, sehingga udara di dalam ruangan tetap bersih dan segar.Alat ini lebih diperlukan untuk dapur yang berada di dalam ruangan, jika dapur Anda berada di outdoor, Anda tidak perlu memakai alat ini.

Saluran Air Lancar

Sampah sisa makanan sering kali menyumbat saluran air di tempat pencucian piring di dapur. Saat tersangkut, sampah-sampah tersebut akan membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Anda bisa membersihkannya dengan menuangkan satu atau dua cangkir soda kue atau cuka yang diikuti dengan air panas. Agar pipa tidak sering tersumbat, sebaiknya pisahkan sampah padat bekas makanan ke tempat sampah. Untuk sampah-sampah yang berukuran kecil, gunakan penyaring di lubang pembuangan sink. Dengan menggunakan penyaring, kotoran akan terkumpul dan Anda dapat membuangnya dengan mudah

Bersihkan Area Kompor

Jangan lupa untuk membersihkan daerah kompor dari noda tumpahan makanan, cipratan minyak dan kerak gosong yang mungkin ada di tungkunya. Pertama-tama, perhatikan bagian tungku kompor gas apakah ada sisa makanan yang jatuh ke dalamnya dan menjadi gosong. Angkat dudukan kompor gas dan bersihkan dari kerak maupun gosong. Jika sudah bersih, letakkan kembali dudukan kompor tadi dan lap permukaan kompor hingga bersih. Perhatikan pula keadaan dinding dekat kompor. Jika kotor, bersihkan segera dengan cairan pembersih serbaguna.

Pisahkan Sampah Basah dan Sampah Kering

Agar dapur senantiasa bersih dan sehat, Anda perlu mengelola tempat sampah dengan membedakannya antara tempat sampah untuk sampah basah atau kering. Pilih tempat sampah yang disertai penutup untuk menghindari adanya kecoa atau serangga lainnya. Anda juga bisa meletakkan jeruk lemon di tempat sampah dapur, untuk menetralisir bau, sehingga dapur bebas bau. Dan jangan lupa untuk membuang sampah setiap harinya,agar sampah tidak menumpuk dan menimbulkan bau.

Begitulah beberapa tips dalam menjaga kebersihan dapur rumah Anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill