Cara Menyimpan Roti Agar Tahan Lebih Lama dan Tetap Segar

Cara Menyimpan Roti Agar Tahan Lebih Lama dan Tetap Segar

Roti adalah makanan pokok di Indonesia selain nasi. Orang orang jaman sekarang ingin menu sarapan praktis yang mengenyangkan tanpa harus bersusah payah memasak terlebih dahulu. Nah roti adalah salah satu alternatif bagi anda yang sibuk bekerja atau beraktivitas dan tidak sempat memasak menu sarapan. Orang orang biasanya menyiapkan roti tawar dan selai untuk stok sarapan anda dirumah. Pasti anda tidak akan menghabiskan 1 bungkus roti tawar dalam sehari. Berikut ini saya akan memberikan tips dan trik menyimpan roti supaya lebih tahan lama dan tidak mudah berjamur.

  1. Bungkus roti dengan plastik atau alumunium foil

Agar roti tetap empuk dan terjaga kelembapannya roti harus disimpan ke dalam plastik atau alumunium foil. Disarankan untuk menggunakan plastik kemasan asli dari roti tersebut. Bisa juga menggunakan plastik lain atau alumunium foil. Dengan catatan membungkus rotinya harus kedap dari udara.

  1. Jangan terburu-buru membuka bungkus roti

Bila anda belum ingin memakan roti tersebut,jangan terburu buru membukanya. Karena kemasan roti tersebut membuat roti menjadi lebih awet dan tahan lama dan tetap lembut. Selain itu roti akan terjaga kelembabapan dan kesegarannya. Jika roti sudah dibuka dari kantong pembungkus dan masih tersisa. Bungkus kembali roti agar udara tidak masuk ke dalam pembungkus roti. Karena akan merusak kelembapan roti dan roti akan lebih cepat berjamur dan kering

  1. Masuk kan ke dalam kulkas

Agar tetap terjaga kesegarannya, anda bisa menyimpan roti ke dalam kulkas. Namun anda harus menyimpannya secara benar. Yaitu dengan cara dimasukkan ke dalam kotak kedap udara atau plastik. Hal itu dilakukan agar roti tidak mengering dan tetap empuk bila nanti ingin dinikmati lagi. Dengan begitu roti yang anda simpan akan bertahan hingga 3-5 hari. Perhatikan juga isian roti yang anda simpan. Bila roti dengan isian ayam,sayur,ikan, atau daging pastinya akan lebih cepat basi dibandingkan roti yang dengan isian selai,coklat,keju,dan lain-lain.

  1. Masuk kan ke dalam kotak roti

Anda bisa menggunakan kotak roti untuk menyimpan roti selama beberapa hari. Kotak roti ini berukuran cukup besar untuk menyimpan stok roti anda. Kotak roti juga dilengkapi tombol kalender yang digunakan untuk penanda. Anda bisa mengatur untuk pengingat sudah berapa hari roti yang anda simpan.

  1. Bekukan roti

Roti yang akan anda nikmati dalam jangka waktu yang lama, bisa disimpan dengan cara dibekukan didalam freezer. Pastikan roti anda sudah dimasukkan ke dalam kotak yang kedap udara atau pembungkus roti lainnya. Lalu anda bisa memasukkannya ke dalam freezer dan bisa bertahan hingga 3-4 bulan. Jika roti belum dibuka dan masih terbungkus oleh pembungkus aslinya. Disarankan agar tidak dibuka terlebih dahulu dan langsung dimasukkan ke dalam freezer. Cara penyimpanan dalam freezer yang tidak tepat akan membuat roti berubah menjadi hambar disertai tekstur yang rusak.

  1. Cek tanggal kadaluwarsa

Hal ini adalah hal yang sering orang lewatkan. Biasanya orang-orang tergiur dengan harga roti yang murah tanpa mengecek tanggal kadaluwarsa nya. Jangan  lupa untuk mengecek  tanggal kadaluwarsa roti yang ingin anda beli.

  1. Beli roti sesuai kebutuhan

Sesuaikan kebutuhan anda untuk mengonsumsi roti.  Jangan sampai dengan adanya promo roti dengan harga yang murah lalu anda membeli roti terlalu banyak. Beli roti sesuai kebutuhan dan anda bisa membeli lagi bila sudah habis.

Itulah tadi beberapa tips dan trik untuk menyimpan roti agar tahan lama dan tetap segar. Semoga dapat bermanfaat untuk anda


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia