Artikel 1 Inspirasi Baking - Cara untuk Lebih Efisien dalam Memasak di Dapur

Cara untuk Lebih Efisien dalam Memasak di Dapur

Apakah Anda memiliki tatanan dapur yang berjenis linier, koridor, tipe huruf L atau U, Anda selalu dapat meningkatkan efisiensi dalam memasak makanan di dapur Anda. Tidak hanya desain dapur yang mempengaruhi kegiatan memasak Anda tetapi juga hal lain seperti tatanan peralatan masak, peletakan makanan di dalam kulkas, perawatan alat memasak, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah cara untuk menghemat waktu, lebih cepat memasak dan menjaga kerapian dapur yang sesuai untuk segala jenis dapur Anda:

1. Memberi label pada wadah makanan

Tidak perlu banyak mengeluarkan wadah bahan makanan ketika Anda sedang memasak tetapi cukup dengan memberi label pada wadahnya akan membantu Anda dalam pengambilan bahan makanan satu per satu tanpa membuat dapur menjadi berantakan. Setelah makanan matang dan siap dihidangkan, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak tenaga untuk membersihkan dan merapikan dapur, melainkan Anda dapat beristirahat dan menikmati makanan Anda.

2. Manfaatkan semuanya (bahan dan sisa makanan)

Sebagian besar restoran memiliki prinsip, yaitu menyia-nyiakan bahan makanan atau membuang sisa makanan sama saja dengan pemborosan uang. Misalnya, jika Anda terlalu sering menggunakan kuning telur untuk membuat kue, biskuit, nastar dan makanan lainnya, Anda bisa menyimpan putih telur untuk kepentingan lain, baik itu untuk dijadikan bahan makanan atau perawatan kecantikan, misal untuk masker wajah alami, perawatan rambut, dan perawatan tubuh lainnya).

3. Gunakan skala pengukuran berat, bukan volume

Mungkin resep-resep makanan yang Anda miliki memiliki panduan dalam mengatur bahan makanan berdasarkan volume, bukan berat. Padahal, cara memanfaatkan bahan makanan yang baik adalah dengan menggunakan acuan skala berat. Volume berkaitan dengan isi yang dipengaruhi panjang, lebar, dan tinggi benda tersebut. Jadi, jika Anda lebih banyak mengacu pada skala volume, kemungkinan makanan Anda akan tersaji terlalu banyak hingga harus menyisakannya. Sedangkan berat dapat menghemat penggunaan bahan makanan Anda.

4. Mengenakan baju masak

Gunakan celemek untuk menghindari cipratan air atau bumbu masakan dan melindungi tubuh Anda dari hawa panas yang berasal dari oven atau kompor di depan Anda. Akan lebih baik jika Anda menggunakan apron yang memiliki kantung di depannya untuk menaruh lap di dalamnya. Sehingga Anda tidak perlu pergi mencari kain lap untuk membersihkan jika ada kotoran.

5. Mengasah pisau secara teratur

Pisau yang tajam akan membuat proses mengiris, memotong, dan mencincang makanan lebih cepat dan mudah. Asahlah pisau Anda secara teratur, yaitu sebulan sekali untuk menjaganya agar tetap tajam. Hindari memotong makanan di atas meja dengan permukaan kaca atau marmer, karena pisau akan menjadi cepat tumpul.

6. Menyiapkan plastik atau mangkuk sampah

Manfaatkan kantung plastik atau mangkuk sampah agar Anda tidak perlu pergi bolak-balik membuang sampah. Agar sampah sisa kupasan buah, sayur, atau wadah makanan tidak berserakan di dapur Anda. Setelah terkumpul, buang ke tempat sampah. Kebiasaan seperti ini akan membuat dapur Anda selalu terlihat tetap bersih dan kegiatan memasak Anda dapat lebih efisien.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia