gula rafinasi

Ciri-ciri Gula Rafinasi

Gula Rafinasi adalah gula hasil penyaringan atau pemurnian dari gula Kristal mentah (raw sugar). Karena sudah dilakukan pemurnian maka kadar keputihan gula rafinasi (ICUMSA) 45. Ciri khas gula rafinasi, tampilannya cerah, putih bersih, dan kristalnya lebih kecil lembut. Gula jenis ini umumnya dipakai pada industri makanan, minuman, dan farmasi.

gula rafinasi

Dari sisi ekonomi berkelanjutan gula rafinasi memiliki kekurangan. Karena hingga saat Indonesia harus mengimpor.

Sementara gula kristal putih (GKP) adalah gula yang berasal dari tebu murni dengan kadar ICUMSA 200-300. Tinggi kadar ICUMSA GKP karena disebabkan faktor pengolahan yang belum maksimal. Kendati demikian GKP dapat dikonsumsi langsung tanpa harus diolah seperti gula rafinasi. Ciri khas gula GKP ditunjukkan dengan tampilannya yang agak kecoklatan dan memiliki butiran kristal agak kasar.

Dari sisi ekonomi berkelanjutan gula GKP bisa mendongkrak perekonomian nasional karena melibatkan banyak sumber daya dan komponen.

rafinasi


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill