Evadelagardie

Eva Ekeblad, Penemu Tepung Kentang Yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Hari Ini Google Doodle merayakan hari kelahiran Eva Ekeblad yang ke-293. Eva Ekeblad merupakan seorang ilmuwan tersohor dari Swedia. Ia telah dikenal oleh masyarakat luas Swedia karena kesuksesannya menemukan cara membuat tepung dan alkohol dari kentang tahun 1746. Karena penemuannya ini, Swedia dapat terhindar dari kelaparan yang berkepanjangan. Selain itu, penemuan Eva Ekeblad juga berimpas pada peningkatan pasokan gandum dan jelai yang digunakan sebahai bahan pembuat roti.

eva lagi

Wanita bernama asli Eva De Ia Gardie merupakan keturunan dari Magnus Julius De Ia Gardie dan Hedvig Catharina De Ia Gardie yang lahir pada 10 Juli 1724 di Stockholm, Swedia. Ia menikah dengan Claes Claesson dan menjadi ibu dari 7 anaknya. Karena suaminya tidak sering terlibat dalam mengurus perkebunan, Eva diberi tanggung jawab untuk mengurus perkebunan milik keluarganya. Eva juga ditugaskan untuk mengawasi petugas pengadilan dan menjadi pemimpin paroki-paroki dari perkebunan. Eva Ekeblad dikenal sebagai seorang yang tempramental, namun Eva sangat berpihak pada petani dan tidak segan untuk menghukum pejabat yang terbukti bersalah.

Tidak hanya penemuan tepung dan alkohol dari kentang, Eva Ekeblad kembali berhasil menemukan metode pemutihan pada kapas dan benang menggunakan sabun tahun 1751, dan dapat mengganti bahan-bahan berbahaya yang terkandung di dalam kosmetik menggunakan bunga kentang tahun 1752. Eva Ekeblad menjadi wanita pertama yang diangkat sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia tahun 1748. Akademi menunjuknya sebagai anggota kehormatan pada tahun 1751 dan tidak menjadi anggota penuh  karena di akedemi tersebut hanya laki-laki lah yang menjadi anggota penuh.

Ilmuwan berdarah biru itu sering mengadakan salon (pertemuan rutin bersama banyak orang di satu rumah untuk bertukar ilmu dan pengetahuan) di rumahnya. Sosok Eva telah dikenal oleh masyarakat Swedia sebagai sosok yang ramah dan membumi. Eva Ekeblad menghembuskan napas terakhirnya pada 15 Mei 1786 di Lidkoping.

eva

Sampai saat ini, jasa Eva Ekeblad terus dikenang oleh masyarakat Swedia. Dan untuk memeringati hari ulang tahunnya ke-293, Google Doodle menggambarkan sebuah ilustrasi talenan yang diatasnya terdapat potongan potongan kentang bertuliskan Google.

Ingin mendapatkan tepung dengan kualitas terbaik? Tepung Sriboga solusinya. Gunakan tepung Sriboga untuk membuat masakan Anda menjadi semakin berkuallitas. Sriboga telah menyediakan berbagai jenis tepung yang dikhusukan untuk membuat roti, kue, pasta, gorengan, mi, dan masih banyak lagi. Serta tersedia dalam berbagai kemasan. Anda hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan.

 

Print

Sriboga, Tepung Pemanggang Proffesional

(62-21) 725 0240

[email protected]

 


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia