30

Expired?? Tenang, 9 Makan Ini Masih Aman Dikonsumsi Kok!

Setiap makanan maupun minuman dalam kemasan pasti memiliki tanggal kadaluwarsa. Tanggal kadaluwarsa inilah yang menjadi patokan kita untuk segera mengonsumsinya atau tidak. Kebanyakan dari makanan kemasan plastik, mereka memiliki batas waktu untuk dapat dikonsumsi atau yang biasa kita sebut dengan  kadaluwarsa. Namun perlu diketahui, ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi walaupun telah melebihi batas kadaluwarsa lhooo!! Jadi kita dapat memakannya kapanpun. Namun, ada cara tertentu untuk menjaga makanan tersebut agar tetap sehat dan layak untuk dikonsumsi. Salah satunya dengan menyimpannya sesuai kriterianya. Simak lebih lanjut yuukkkkkk……

Makanan yang tetap aman walaupun melebihi batas kadaluwarsa.. Apa saja yaaaa??

  1. Roti

21

Roti bisa dinikmati lebih lama apabila kalian dapat menyimpannya dengan benar. Kalian dapat menyimpannya di kulkas. Adakalanya bagian pinggir roti akan keuar jamur. Namun roti masih bisa dikonsumsi selama tidak memakan bagian yang sudah berjamur.

  1. Mentega

22

Mentega merupakan salah satu makanan yang tidak mudah basi. Selama kemasannya belum terbuka maka mentega itu masih aman dikonsumsi walaupun melebihi batas kadaluwarsa. Namun jika mentega sudah berbau agak tengik, lebih baik gunakan mentega yang baru.

  1. Daging ayam beku

23

Daging ayam beku pada umumnya masih aman dikonsumsi 1 bulan ke depan setelah masa kadaluwarsanya. Kalian dapat menyimpannya di freezer. Saat akan memasaknya harap lakukan pengecekan terhadap bau dan bentuknya terlebih dahulu.

  1. Yogurt

31

Yogurt merupakan minuman yang mengandung susu. Meskipun begitu, yogurt tidak mudah basi. Selama disimpan di lemari pendingin dan kemasan tertutup rapat, yogurt dapat bertahan lebih lama dair tanggal kadaluwarsa.

  1. Coklat

25

Coklat, makanan manis yang dapat menghilangkan rasa galau kita. Hehe. Bener kok, karena coklat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Tapi kalau coklatnya kadaluwarsa kita tidak bisa memakannya dong??? Tenang saja, coklat ini tetap aman dimakan walaupun sudah melebihi batas kadaluwarsa. Tapi coklat ini harus disimpan di tempat yang dingin pada suhu 210C. Dimasukkan kekulkas, tapi malah muncul putih-putih diatas coklat? Jangan khawatir, itu bukan jamur, melainkan lemak coklat yang meleleh yang menempel pada permukaan coklat.

  1. Soda

26

Minuman ini tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika mengonsumsinya setiap hari. Tubuhmu bisa terserang penyakit. Soda ini mengandung kadar gula yang tinggi, serta asam yang dapat merusak jaringan tulang. So ingat, jangan terlalu sering minum soda. Okeee! Soda ini tetap bisa diminum meskipun sudah kadaluwarsa. Soda memiliki waktu 3 bulan sesudah kadaluwarsa untuk bisa dikonsumsi. Asalkan botol/tutup soda tetap tertutup rapat yaaa. Jika sudah terbuka ya sudahh, kadaluwarsa hari itu juga.

  1. Madu

27

Bicara madu, hati-hati disengat lebah yaaa wkwk. Madu di toko-toko sudah banyak kok, jadi tidak perlu susah ternak lebah untuk diambil madu yaa. Madu ini aman dikonsumsi walau sudah kadaluwarsa. Sampai madunya mengkristal pun, tetap aman dikonsumsi sampai waktu yang tidak terbatas.

  1. Telur

28

Biasanya ibu-ibu suka ragu untuk membeli telur terlalu bnayak karena cepat membusuk. Tapi jangan khawatir, telur merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi meski melebihi tanggal kadaluwarsa. Tapi, perlu diingat. Simpan telur dibawah suhu 50C. Serta saat akan memasaknya, pastikan telur itu benar-benar matang. Sehingga bakteri yang ada didalamnya benar-benar terbunuh. Jadi aman dikonsumsi dehh.

  1. Keripik

29

Keripik atau makanan lainnya yang bersifat kering aman dikonsumsi hingga 1 bulan sesudah masa kadaluwarsa. kondisi kering inilah yang menyebabkan melambatnya pertumbuhan bakteri.

 

Itu dia 9 makanan yang tetap aman meski sudah melebihi tanggal kadaluwarsanya. So, kalian bisa mengonsumsi makanannya tanpa takut keracunan. Tapi tetap hati-hati ya, perhatikan warna dan juga bau dari makanannya sebelum mengonsumsinya. Jika sudah berbau busuk yang menyengat, sebaiknya tidah usah dikonsumsi. Jika kalian tidak dalam keadaan terpaksa, sebaiknya pilih makanan yang masih segar. Bagaimanapun juga makanan yang segar itu lebih sehat dan baik yaaaa. 🙂

 


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia