Fakta Menarik Seputar Pasta

Fakta Menarik Seputar Pasta

Pasta memang sudah menjadi makanan yang mendunia. Apalagi di Indonesia. Pasta menjadi menu favorit jika ingin makan enak tanpa perlu takut dengan kolestrol. Namun dibalik itu semua ternyata ada fakta-fakta menarik seputar pasta. Apa saja sih fakta tersebut? Mari kita simak hal-hal berikut ini

  1. Sejarah pasta

Dikutip dari Wikipedia,makanan mirip pasta banyak dijumpai di berbagai tempat di dunia sejak zaman dulu, terutama di wilayah dengan penduduk yang menjadikan gandum dan serealia sebagai makanan utama. Gandum yang sudah digiling sering dimasak sebagai bubur atau dihaluskan menjadi tepung dan dibuat roti. Pasta kemungkinan besar merupakan alternatif dari bubur atau roti, karena pasta merupakan makanan awetan yang dibuat tanpa perlu dimasak.

Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mi ditemukan pada hiasan makam orang Etruscan di Italia Tengah yang berasal dari tahun 400 SM. Di Tiongkok, mi sudah dikenal sejak tahun 2000 SM berdasarkan hasil penggalian di situs Lajia (Tiongkok barat) yang terletak di tepi Sungai Kuning. Di bawah lapisan tanah jenis tanah loess yang tebal di situs penggalian yang sudah rusak akibat gempa bumi dan banjir ditermukan mi berwarna kuning di dalam panci tanah liat yang terbalik. Panjang mi sekitar setengah meter dengan diameter 3 milimeter. Hasil analisis menunjukkan mi dibuat dari tepung biji milet.

  1. Jenis jenis pasta

Ada banyak jenis pasta di dunia. Bahkan jumlahnya hingga ratusan. Di Indonesia ada beberapa jenis pasta yang terkenal yaitu:

  • Spaghetti

Banyak orang menyebut hidangan pasta secara umum sebagai “spaghetti”. Padahal spaghetti adalah salah satu jenis dari pasta, lho. Pasta ini memang sangat populer di Indonesia, dengan bentuk yang menyerupai seperti mie. Hidangan spaghetti ini paling enak disajikan dengan keju atau bisa disebut dengan spaghetti Bolognese

  • Macaroni

Anda pasti sudah tidak asing dengan pasta yang satu ini. Bentuknya yang melengkung dengan lubang di tengahnya sering kita jumpai di hidangan sup. Dan juga macaroni ini sering dijumpai dalam bentuk camilan yang proses pembuatannya digoreng dan diberi bumbu seperti barbeque,keju,dan lain-lain

  • Lasagna

Lasagna adalah pasta berbentuk lembaran dengan isian di dalamnya. Isian lasagna sangat bermacam macam. Mulai dari jamur,daging, dan sayuran bagi anda yang vegetarian.

  • Fusilli

Dengan bentuk kecil seperti macaroni ini, hanya saja fusilli berbentuk spiral. Anda juga bisa  memakai fusilli sebagai pengganti macaroni. fusilli cocok disajikan dengan saus creamy seperti carbonara atau alfredo.

  1. Kandungan pada pasta

Ternyata pasta baik untuk anda yang sedang diet loh. Karena pasta mempunya kandungan karbohidrat. Kandungan protein dalam satu cangkir spaghetti yang Anda masak mengandung sebanyak 8 gram protein. Protein nabati untuk membantu perkembangan otak dan syaraf. Pasta yang terbuat dari gandum juga menyediakan sejumlah serat makanan. Serat dapat membantu melawan berbagai penyakit kronis termasuk obesitas dan diabetes  dan juga meningkatkan kesehatan pencernaan. Nah bagi anda yang sedang menjalankan program diet, pasta menjadi salah satu alternative untuk menjadi menu favorit anda tanpa harus khawatir akan gagal dalam menjalani program diet.

  1. Banyaknya produksi pasta di Italia

Setiap tahunnya Negara Italia memproduksi pasta hingga 1,7 juta hingga 3.3 juta ton pasta setiap tahun. Jumlah yang cukup besar, bukan? Berat ini setara dengan bobot 400 ribu gajah. Karena di Italia pasta memang sudah menjadi makanan khas dan di minatioleh semua kalangan.

Nah itu tadi adalah fakta menarik seputar pasta. Semoga info diatas bermanfaat untuk anda.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill