Fungsi Telur Dalam Memasak Kue

Fungsi Telur Dalam Memasak Kue

Dalam membuat suatu masakan tentu diperlukan bahan-bahan yang bisa membuatnya lebih nikmat untuk dimakan. Di setiap masakan tentu memerlukan bahan-bahan yang berbeda. Bahan maupun bumbu untuk segala cita rasa di setiap makanan tentunya memiliki keunikan yang beragam. Salah satunya adalah kue.

Pada umumnya dalam cara membuat kue sebenarnya membutuhkan bahan yang sama namun yang membedakannya mungkin ada di dalam takaran tiap bahan masing-masing kue yang ingin dibuat. Biasanya di dalam resep membuat kue ada bahan yang tak boleh ketinggalan yang antara lain pastinya ada tepung terigu, margarin, telur dan masih banyak yang lainnya.

Mungkin bagi sebagian orang pernah muncul pertanyaan di dalam benak mereka mengapa harus diberi tambahan telur dalam resep membuat kue. Jadi, sekarang kami akan memberitahukan fungsi telur dalam memasak kue.

Telur sebenarnya memegang peranan penting dalam membuat sebuah kue yang berhasil. Untuk lebih jelasnya mari simak bersama ulasan fungsi telur dalam membuat kue berikut ini.

Struktur dan Mengikat

Peran telur dalam memang terhitung penting. Yaitu dapat bertindak sebagai agen mengikat. Agen mengikat disini berasal dari protein dalam telur yang membuatnya mengikat bahan. Telur yang dicampur dalam adonan akan membantu mengatur struktur kue, cookies, karamel, dan makanan lainnya.

Koagulasi

Fungsi telur selanjutnya adalah koagulasi. Koagulasi adalah ketika telur berubah dari cairan bening ke putih dalam wajan saat dimasak, itu contoh koagulasi. Proses ini adalah proses di mana molekul protein dalam telur dikonversi dari cairan ke padat. Telur digumpalkan menjadi bahan mengikat dan membantu mengentalkan saus.

Aerasi

Kemudian fungsi telur dalam resep membuat kue yang selanjutnya ada Aerasi. Aerasi merupakan proses yang memaksa udara melalui larutan cair atau kental dan untuk menciptakan lebih banyak volume. Sebuah putih telur mengandung sekitar 90% air dan 10% protein. Jadi, ketika seseorang mengocok putih telur, akan memasukkan gelembung udara pada busa yang dapat meningkatkan volume dan kepadatan makanan. Putih telur kocok dapat memiliki volume yang berukuran 8x lebih besar dari aslinya. Putih telur dengan suhu kamar akan menghasilkan volume busa yang paling baik dan stabil. Menambahkan asam (cream of tartar, cuka, jus lemon) akan membantu memperkuat dan menstabilkan busa.

telur dalam adonan kue

Rasa dan Warna

Kemudian fungsi telur yang berikutnya adalah dapat memberikan rasa dan tekstur pada makanan. Hal tersebut dapat terjadi karena telur mengandung lemak. Kandungan lemak dalam kuning telur menambahkan kekayaan rasa saat makanan dipanggang. Protein dalam telur yang bisa membuatnya menjadi cokelat saat terkena panas. Jadi, resep membuat kue telah memberikan cara membuat kue yang benar.

Emulsifikasi

Lalu fungsi telur selanjutnya dalam membuat kue adalah Emulsi. Emulsi adalah campuran dari dua cairan yang tidak bisa tercampur secara alami. Minyak dan air adalah contoh yang paling umum. Telur bisa mengurangi ketegangan permukaan, mengemulsi, dan menciptakan tekstur halus yang bisa Anda temukan pada saus dan salad dressing.

Lapisan

Dan fungsi telur yang terakhir adalah dapat digunakan sebagai pelapis untuk kue dan roti. Telur juga menambah kelembapan dan mencegah kerak kering pada kue dan roti. Telur digunakan untuk melapisi makanan dan juga membuat warna kecokelatan saat dimasak. Telur memiliki kelekatan yang memungkinkan untuk digunakan sebagai perekat dua buah adonan atau untuk membuat permukaan makanan lengket, sehingga memudahkan bahan lain yang ditabur akan menempel.

Dengan pentingnya fungsi telur, tak heran jika di setiap resep membuat kue memberikan keterangan untuk menambah telur ketika membuat kue. Jadi, cara membuat kue yang tertera di setiap resep tentu sudah ada planning ke depannya akan jadi seperti apa.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill