artikel-8-inspirasi-baking-hal-yang-paling-umum-dari-kesalahan-umum-cara-memasak-yang-sering-dilakukan-sepanjang-tahun-ini

Hal yang Paling Umum dari ‘Kesalahan Umum Saat Memasak yang Sering Dilakukan’ Sepanjang Tahun Ini

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak dan senang membaca artikel seputar masakan, mungkin Anda sering menemui artikel yang membahas tentang kesalahan umum saat memasak yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Dan dalam artikel ini akan kita rangkum tren sepanjang tahun ini mengenai cara memasak yang sebenarnya salah namun sering dilakukan oleh masyarakat.

Panci atau wajan yang kurang panas

Kesalahan ini sering terjadi hingga menyebabkan bahan masakan akan lengket pada dasar panci atau wajan. Jadi, sebaiknya Anda memanaskan panci atau wajan tersebut terlebih dahulu sebelum memasak. Dan jangan lupa untuk memasukkan sedikit minyak ke wajan sebelum memanaskannya. Cara untuk mengetahui panci atau wajan yang sudah panas adalah dengan meneteskan sedikit air ke dalam panci atau wajan. Jika air cepat menghilang, itu menandakan bahwa panci atau wajan tersebut sudah panas dan siap digunakan untuk menggoreng atau menumis.

Terlalu matang atau Overcooked

Sebenarnya waktu yang dibutuhkan untuk memasak adalah 25 menit. Namun, kesalahan yang sering terjadi adalah biasanya makanan yang sedang dimasak akan ditinggal untuk mengerjakan hal yang lainnya, hingga masakan menjadi terlalu matang atau overcooking. Gunakan alat timer atau termometer sebagai pengingat Anda ketika sedang menggoreng, menumis, atau mengukus makanan.

Metode memasak yang salah

Pernahkah Anda merasa sudah mengikuti resep masakan yang Anda dapatkan dari seseorang atau online, tetapi hasil masakan Anda tidak sesuai dengan hasil yang ditunjukkan di dalam resep? Metode memasak juga mempengaruhi rasa dan tekstur dari makanan yang dihasilkan. Memilih metode memasak yang salah akan membuat makanan menjadi tidak enak. Apabila Anda seorang pemula yang ingin belajar memasak, gunakan resep masakan berupa gambar atau video, sehingga Anda juga bisa memperhatikan bahan makanan, peralatan, dan cara memasak yang benar.

Penggunaan bumbu yang terlalu banyak atau sedikit

Salah satu perbedaan yang paling bisa dirasakan dalam makanan adalah bumbunya. Banyak yang kesalahan yang sering dilakukan seperti salah mencamputkan bumbu rempah-rempah, terlalu banyak atau sedikit menambahkan garam atau merica, ada bumbu yang terlewatkan ketika memasak, dan kesalahan-kesalahan memasak lainnya, yang berakibat pada hasil masakan yang tidak enak dan tidak bisa dinikmati.

Jika Anda merasa kebingungan dalam menambahkan bumbu ke dalam masakan, akan lebih baik jika Anda memulai dari yang kecil. Terlebih lagi bagi Anda yang pemula, jangan mencoba resep yang menggunakan bahan bumbu yang banyak. Seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat bereksperimen dalam memasak makanan yang lebih rumit.

Terlalu sering mengaduk atau membolak-balikan masakan

Ketika sedang menggoreng atau menumis rempah-rempah atau daging, kebiasaan yang sering dilakukan adalah terlalu sering mengaduk rempah-rempah atau membolak-balikkan daging yang sedang ditumis atau digoreng. Padahal perlakuan seperti itu akan menghambat masakan menjadi cepat matang. Jadi, jangan mudah tergoda untuk selalu memeriksa apakah permukaan dagingnya sudah matang atau rempah-rempah itu sudah berubah warna dan mengeluarkan aroma yang sedap. Masaklah berdasarkan ketentuan waktu bahan masakan Anda.

Panci atau wajan yang terlalu penuh dengan masakan

Adakalanya ketika memasak, kita memaksakan diri untuk memasukkan semua bahan makanan ke dalam panci atau wajan yang ukurannya tidak sesuai. Jika hal ini sering terjadi, maka lebih baik Anda menggunakan panci atau wajan yang memiliki ukuran cukup besar dan mengatur takaran bahan makanan.

Memasak makanan yang suhunya belum mencapai suhu ruangan

Hal ini sering terjadi ketika hendak memasak daging, nugget, mentega atau telur yang sebelumnya tersimpan di dalam lemari es. Bahan-bahan tersebut seharusnya didiamkan terlebih dahulu sebelum dimasak, hingga suhunya mencapai suhu ruangan. Jika Anda hendak memasak bahan tersebut, rendamlah bungkus nugget, telur, atau daging ke dalam air yang cukup hangat selama beberapa menit hingga es yang menempel menjadi cair dan sudah tidak terasa dingin. Sedangkan untuk mentega, Anda bisa memotongnya menjadi bagian yang kecil sebelum Anda gunakan untuk menumis makanan.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia