artikel-5-inspirasi-baking-hati-hati-dengan-wadah-plastik-berlabel-microwave-save

Hati-hati dengan Wadah Plastik Berlabel “Microwave Safe”!

Tidak semua wadah makanan dan minuman aman dan dapat dimasukkan ke dalam microwave. Pada umumnya ada banyak jenis wadah plastik yang digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. Namun sekarang sudah banyak yang menggunakannya untuk memanaskan makanan atau  menghangatkan minuman ke dalam microwave. Tanpa disadari bahwa bahan kimia pada wadah plastik tersebut berbahaya bagi kesehatan jika terkandung dalam makanan.

Lalu bagaimana dengan wadah yang berlabel “microwave safe”? Apakah aman digunakan untuk microwave? Bukankah wadah berlabel “microwave safe” juga terbuat dari plastik?

Kita sudah pasti mengetahui bahwa bahan plastik adalah bahan yang tidak tahan panas dan mudah meleleh jika dipanaskan. Sebenarnya ada banyak jenis wadah yang bisa digunakan untuk microwave. Tetapi ketika Anda sudah terbiasa menggunakan wadah berlabel microwave safe, pastikan ketebalan plastik pada wadah tersebut. Karena jika wadah plastik Anda memiliki lapisan yang cukup tipis, itu berarti wadah tersebut tidak aman untuk Anda gunakan.

Wadah plastik yang memiliki lapisan tipis biasanya dianjurkan hanya untuk satu kali pakai. Karena wadah tersebut rentan terhadap paparan lemak yang terkandung dalam makanan dan bila dicuci, terlihat ada sedikit lemak yang masih menempel pada lapisan plastik wadah.

Label “microwave safe” hanya menginformasikan bahwa wadah plastik tersebut tidak akan meleleh ketika dimasukkan ke dalam microwave. Tetapi tidak terjamin keamanannya jika digunakan dalam suhu yang sangat panas. Pada dasarnya, Anda harus mewaspadai dua jenis kandungan kimia yang terkandung dalam plastik, yaitu Arephthalates dan Bisphenol-A (BPA). Karena kedua kandungan tersebut dapat berpindah ke makanan dan mengganggu hormon dalam tubuh jika ikut termakan dalam makanan.

Agar Anda tidak tertipu dengan wadah plastik microwave safe dan terhindar dari bahaya penggunaannya, sebaiknya Anda menggunakan wadah yang berbahan kaca atau keramik. Karena wadah kaca atau keramik aman untuk digunakan menyimpan hingga memanaskan makanan di dalam microwave.

Selain itu, wadah yang berlabel “food grade” lebih tepat dan aman. Label tersebut tergambar dalam sebuah simbol gelas dan garpu, yang berarti aman untuk digunakan sebagai wadah makanan dan minuman. Sebaliknya, jika ada tanda silang atau garis diagonal yang mencoreng simbol food grade, itu berarti wadah tersebut tidak aman untuk makanan dan minuman.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia