Nyepiii-min

Info Kuliner hari Nyepi

Hari raya Nyepi merupakan acara peringatan tahun baru Saka berdasarkan kalender Bali. Kalender ini adalah kalender modifikasi Kalender Saka yang berasal dari India dengan tambahan elemen-elemen masyarakat setempat. Di dalam kalender Masehi, hari raya Nyepi selalu jatuh di antara bulan Maret dan April. Untuk tahun ini, hari raya Nyepi dirayakan pada hari Selasa tanggal 28 Maret 2017 (1 Saka 1939). Selain melakukan doa atau sembahyang, pada perayaan ini juga terdapat menu-menu khas untuk bersantap bersama. Berikut adalah beberapa pilihan menu saat hari raya Nyepi.

  1. Entil

entilEntil sendiri hampir menyerupai lontong, namun makanan tradisional ini dibungkus dengan menggunakan daun Telengidi. Sepintas mirip daun kunyit teksturnya namun tidak berbau. Daun Telengidi dipercaya dapat membuat rasa Entil menjadi makin enak. Pasalnya, zat warna hijau pada daun meresap kedalam beras saat dimasak, sehingga menghasilkan Entil dengan warna kehijau-hijauan. Membuat Entil membutuhkan waktu yang lama, terutama saat merebus hingga kurang lebih dua sampai tiga jam. Makin lama direbus, maka Entil yang dihasilkan akan makin baik. Dalam arti mampu bertahan selama beberapa hari dan tidak cepat basi.

 

 

  1. Jaje Apem

jaja apem-minJajanan ini dibuat dari bahan utama tepung beras yang difermentasikan dengan tape singkong dan air kelapa. Cetakan adonan dibuat dari daun pisang yang dibuat kerucut, cara seperti ini menunjukkan teknik pembuatan yang masih tradisional disertai dengan pengemasan yang menggunakan daun pisang. Hal tersebut mencirikan kekhasan dari jaje apem dengan cara daun dibentuk kojong besar, kemudian masukkan adonan dan dikukus. Saat ini di konsumsi sebagai jajanan sehari-hari untuk sarapan pagi. Penjualnya ada beberapa orang di pasar dan di warung-warung, tetapi jaja apem dibuat dirumah oleh ibu rumah tangga.

  1. Pulung Nyepi

pulung-pulung-ubi-minJajanan ini di konsumsi setiap hari, meskipun jajanan ini khusus dibuat pada waktu hari raya Nyepi (saat Pengkrupukan). Pulung Nyepi merupakan hidangan khas Kelurahan Sukasada, sebagai salah satu jajanan yang dipakai untuk tradisi umat Hindu di Desa Sukasada dalam memperingati hari raya Pengkrupukan, yaitu satu hari sebelum hari raya nyepi. Bahannya dari tepung beras dicampur sedikit kanji, kemudian dikukus. Setelah dingin diuleni dan dibentuk giling-giling, agak bulat dan lonjong memanjang, kemudian direbus sampai pulung nyepi  naik kepermukaan air rebusan, ditiriskan dan disajikan dengan parutan kelapa muda.

 

  1. Cerorot

Cerorot merupakcerorotan jajanan kue basah yang paling disukai oleh anak-anak, karena rasanya yang manis dan bentuknya yang unik. Cerorot memiliki bentuk yang memanjang seperti kerucut dan dibentuk dari cetakan kulitental. Adonan yang telah diuleni kemudian dimasukkan kedalam cetakan dan dikukus hingga matang.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © HeroSoftMedia