onde

Info Penting Seputar Sejarah Perayaan Onde Di Tengah Masyarakat Tionghoa

 Jika anda belum mengetahui apa sebenarnya perayaan onde, perayaan onde andalah perayaan yang biasanya dilakukan masyarakat China maupun keturunan China. Perayaan onde ini dilakukan pada bulan Desember. Demi melestarikan budaya ini bahkan warga China atau keturunan yang berada di Negara lain tetap merayakannya. Tanggal 21 atau 23 Desember menjadi tanggal perayaan onde ini. Walaupun tidak semeriah ketika perayaan imlek ternyata ada sejarah perayaan onde yang dirayakan warga China ini.

onde

Anda tentunya penasaran bukan tentang perayaan onde ini?. Tenang di bawah ini kami sudah merangkumkan beberapa informasi seputar perayaan onde mulai dari arti perayaan hingga sejarah perayaan onde. Berikut informasi selengkapnya untuk anda,

 

  1. Sejarah Perayaan Onde

Bagian pertama yang akan dibahas adalah tentang sejarah perayaan onde ini. Perayaan onde dipercaya sudah ada sejak lama yaitu pada saat dinasti Han atau kurang lebih 2000 tahun yang lalu. Pada pemerintahan Dinasti Song, perayaan ini dilakukan untuk mengirimkn doa kepada arwah nenek moyang dan juga menyembah 5 unsur bumi. Akhirnya perayaan ini tersebar keseluruh warga Tionghoa termasuk yang ada di Indonesia.

 

  1. Arti Perayaan Onde

Segala sesuatu yang dirayakan tentunya memiliki arti bagi sebagian orang yang merayakan termasuk perayaan onde ini. Onde dipercaya menjadi suatu lambang kesatuan dan keutuhan suatu keluarga dan kuatnya ikatan tali persaudaraan. Oleh karena itu perayaan onde ini dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga. Sebelum diadakan perayaan onde biasanya keluarga akan membuat onde bersama kemudian melakukan sembahyang. Jika sembahyang sudah dilaksanakan maka mereka akan menikmati onde bersama-sama.

 

  1. Cara Membuat Onde

Seteleh mengetahui arti dan juga sejarah perayaan onde pastinya terbersit dipikiran anda bagaiana cara membuat makanan ini. Membuat onde cukuplah mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan, cukup menyediakan adonan tepung beras yang dibuat menjadi bulatan-bulatan kecil. Bulatan kecil ini memiliki 3 warna yaitu hijau, merah muda dan juga putih. Anda juga bisa memberikan isian berupa kacang atau coklat.

 

  1. Makan Onde

Memakan onde yang nikmat ini bersama keluarga tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Namun anda tidak bisa sembarangan memakannya karena ada aturan yang harus anda patuhi. Anda harus memakan onde dengan jumlah yang sama dengan umur anda sekarang kemudian ditambah satu. Sebagai contoh sekarang anda berumur 23 tahun maka anda harus memakan onde sebanyak 24 buah. Menarik bukan?. Cara memakan onde ini pada saat hangat dengan disiram kuah jahe dan gula kental.

 

  1. Kepercayaan Lain Seputar Onde

Ternyata ada sebuah kepercayaan lain yang berhubungan dengan onde ini yaitu pada ibu hamil. Jika dalam keluarga terdapat anggota keluarga yang kebetulan sedang hamil dapat mencoba membakar onde jika onde ini tetap untuh maka diduga anak yang akan lahir berjenis kelamin laki-laki sedangkan jika pecah maka berjenis kelamin perempuan. Apapun jenis kelamin anak yang keluar nantinya yang penting anak anda sehat.

onde onde

Bagaimana sudah mendapat sedikit gambaran tentang perayaan warga Tionghoa ini setelah membaca informasi tentang sejarah perayaan onde bukan? Sebenarnya masih banyak informasi yang berkaitan dengan perayaan ini namun informasi di atas sudah cukup memberikan gambaran. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua. Jika anda ingin membuat onde di rumah maka siapkan dahulu bahan-bahan yang anda butuhkan.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill