snack box

INI DIA 10 IDE HIDANGAN UNTUK ARISAN MURAH MERIAH!

Arisan adalah sebuah kelompok yang terdiri dari banyak orang yang mengumpulkan uang dengan jumlah yang sama secara teratur. Nantinya, uang tersebut akan diundi setiap bulannya dan akan ada satu orang pemenang yang berhak mendapatkan semua uangnya terlebih dahulu. Sebenarnya arisan seperti sistem menabung, akan tetapi lebih menyenangkan karena sekaligus bercengkrama dengan teman dan keluarga. Dengan sistem setoran rutin, tidak ada anggota yang bisa kabur atau pun tidak patuh untuk menabung.

Nah, kali ini kita akan memberi Anda beberapa ide hidangan murah meriah yang dapat Anda sajikan ketika arisan. Simak di bawah ini yuk!

  1. Kue bolu

Hidangan arisan murah meriah yang pertama adalah kue bolu. Sponge cake atau kue bolu merupakan jenis kue yang paling sering dijadikan suguhan ketika ada tamu. Kue ini sangat mudah dibuat. Anda hanya memerlukan tepung, gula, telur, dan baking powder saja sebagai bahan dasarnya. Anda bisa juga membeli kue untuk arisan yang sudah jadi, rata-rata harga kue bolu berkisar Rp 20 – 40 ribuan saja satu loyangnya. Anda tinggal memotong kue bolunya sesuai jumlah orang yang datang untuk arisan. Satu loyang kue spons bundar biasanya bisa mencapai 20 potong lebih. Murah meriah sekali, bukan?

kue bolu

  1. Kue basah/snack box

Selain kue bolu, ada satu paket kue yang sangat sering dijadikan suguhan dan bahkan orang Indonesia pasti sudah sering memakannya. Adalah snack box, satu kotak berisi aneka macam camilan mulai dari yang basah, kering, asin, hingga manis. Tidak selalu berbentuk snack box, ada pula penjual yang menjajakan kue-kuenya secara terpisah, jadi Anda bisa membeli sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Biasanya, kue-kuenya terdiri dari pastel, lemper ayam/abon, pukis, risoles, kue mangkok, putri noong, cilok, kroket, dan masih banyak lagi macamnya.

snack box

  1. Keripik

Hidangan arisan murah meriah yang wajib ada adalah keripik. Semua orang suka makanan ringan yang kriuk-kriuk ini, baik orang dewasa maupun anak-anak. Keripik juga akan selalu dimakan walaupun Anda menghidangkan makanan besar, seperti nasi atau pun kue bolu.

Keripik ada banyak macamnya, tapi yang paling populer pastinya adalah keripik singkong, keripik kentang, dan keripik pisang. Anda bisa juga menyediakan keripik sehat yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan.

keripik

  1. Agar-agar/pudding

Hidangan arisan murah meriah yang selanjutnya adalah agar-agar atau puding. Camilan ini sangat menyegarkan dan cocok dijadikan dessert setelah makan berat. Anda bisa membuat agar-agar atau puding sendiri sesuai dengan selera Anda. Agar-agarnya juga bisa dikreasikan dengan menambahkan buah-buahan, susu, santan, chocochip, parutan kelapa, sirup, fla, biskuit, dan lain-lain sesuai selera.

puding

  1. Air minum kemasan

Sekarang zaman semakin canggih. Jika dulu Anda harus memasak air terlebih dahulu supaya matang dan layak minum, lalu menyuguhkannya di gelas satu per satu, kini semua itu tinggal kenangan. Karena sekarang ada air minum dalam kemasan yang sangat praktis untuk minuman para tamu arisan. Anda tinggal membeli air kemasan gelas yang banyak (biasanya dijual per kardus), lalu tata secantik mungkin, deh. Bingung bagaimana cara menata air kemasan gelas supaya terlihat cantik?

air kemasan

  1. Teh

Selain air putih, teh adalah minuman yang paling sering disuguhkan buat tamu. Selain murah meriah, teh itu enak dan bisa Anda kreasikan sesuka hati. Untuk arisan siang, Anda bisa membuat es teh supaya tenggorokan segar. Untuk arisan malam, tentunya lebih cocok kalau tehnya disajikan hangat-hangat, kan?

teh

  1. Rujak

Duh, seger banget pasti kalau makan rujak! Apalagi kalau arisannya siang-siang pas hari lagi panas banget, beuh,mantap banget, kan? Apalagi kalau makannya bareng teman-teman dan sanak saudara, karena di mana-mana makanan yang dimakan botram (bersama-sama) akan selalu terasa lebih nikmat. Anda bisa membeli rujak yang sudah jadi di warung dekat rumah. Pesan saja bumbunya dipisah supaya rujaknya jadi lebih segar dan awet. Selain itu, Anda bisa juga membeli bumbu rujak yang sudah jadi, lalu Anda tinggal menyiapkan buah-buahan segar seperti kedongdong, nanas, mangga muda, jambu, bengkuang, pepaya sekal, mentimun, dan kerupuk juga enak kalau dicocol ke bumbu rujak!

rujak

  1. Es lilin

Daripada es krim, untuk arisan keluarga lebih cocok menyuguhkan es lilin. Selain harganya lebih murah, es lilin lebih sehat dan sangat Indonesia banget. Pilihan rasanya biasanya meliputi buah-buahan, kacang hijau, durian, dan semuanya dibuat dari bahan asli tanpa tambahan pengawet. Sehat banget terus enak, mantap!

es lilin

  1. Batagor

Anda tidak ingin menyediakan makanan berat saat arisan? Maka Anda bisa menyuguhkan batagor atau baso tahu. Jika keluarga dan teman-teman Anda lebih suka tekstur kriuk-kriuk, maka kami sarankan untuk menyiapkan batagor. Tapi, jika para tamu lebih suka tekstur moist, maka sajikanlah baso tahu alias somay.

batagor

  1. Prasmanan

Rekomendasi hidangan arisan murah meriah yang terakhir adalah prasmanan. Biasanya, arisan dilakukan pada jam makan siang atau makan malam. Tentunya saudara dan teman Anda sengaja tidak makan agar bisa makan di tempat Anda sebagai bentuk menghargai yang punya rumah. Mungkin Anda berpikir prasmanan itu akan mengeluarkan banyak biaya, sebenarnya tidak, kok. Untuk karbohidratnya Anda bisa menyiapkan nasi. Satu kilo beras hanya sekitar Rp 10 – 15 ribu saja dan itu bisa untuk makan 10 orang lebih.

Untuk lauknya, Anda bisa memilih yang murah meriah seperti ayam, ikan, tahu tempe, dan lalapan, jangan lupakan sambel juga. Semua ini merupakan lauk yang murah meriah dan disukai semua orang. Jika bosan dengan nasi, Anda bisa membuat spaghetti sendiri. Tentunya jika dibuat sendiri harganya juga lebih murah daripada membeli jadi di restoran.

prasmanan

Nah, itulah 10 ide hidangan arisan murah meriah yang telah Bacaterus bagikan untuk Anda sebagai referensi. Bagaimana, ide ini tidak buruk sama sekali, bukan?

Selain makanan dan minuman di atas, Anda bisa juga menyajikan makanan yang disukai semua orang seperti bakso, french fries, dan sosis, atau mungkin Anda bisa udunan dengan teman-teman arisan untuk membeli pizza. Ide bagus, bukan?


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill