buah asem

INI DIA 11 DAFTAR MAKANAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN VITAMIN ANAK

Kebutuhan vitamin anak harus terpenuhi secara maksimal untuk mendukung proses tumbuh kembangnya. Vitamin memang tergolong sebagai mikronutrien yang tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak. Namun, asupan vitamin yang lengkap tetap penting untuk kesehatan buah hati Anda. Selain memaksimalkan tumbuh kembang, asupan vitamin juga akan meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Sekarang, mari mengenal ragam sumber makanan untuk memenuhi kebutuhan vitamin anak, sehingga buah hati Anda akan tumbuh maksimal dengan dukungan asupan vitamin tersebut.

  1. Aneka sayuran hijau

Sayuran hijau tidak hanya kaya kandungan serat yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan meminimalkan risiko penyakit jantung. Lebih dari itu, sayuran hijau juga kaya kandungan vitamin A, C, K serta asam folat yang penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Jadi, Anda tidak perlu ragu membuat aneka kreasi makanan berbahan sayuran hijau seperti sawi, kangkung, bayam, dan buncis. Selain untuk bahan tumisan dan sup, sayuran hijau juga bisa diolah menjadi rolade, omelette, dan menu panggang sesuai selera.

sayuran-hijau

  1. Sayur dan buah berwarna ungu

Jangan meremehkan manfaat gizi sayuran dan buah-buahan berwarna ungu. Tidak hanya memiliki warna yang menarik, sayuran dan buah-buahan ungu juga mengandung vitamin B, K, dan antioksidan dalam jumlah banyak. Beberapa jenis sayur dan buah berwarna ungu yang bergizi dan membuat hidangan jadi menarik antara lain buah naga merah, terong, kol ungu, blueberry, dan buah bit.

sayur ungu

  1. Sayur dan buah berwarna oren

Sayuran dan buah-buahan berwarna orange sering dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami. Karena warna yang dihasilkan akan tampak menarik dan cocok menjadi bahan dasar aneka jenis makanan. Tidak hanya memiliki warna istimewa, sayuran dan buah-buahan berwarna orange juga kaya kandungan vitamin A. Kesehatan organ hati dan mata si kecil akan terjaga dengan baik bila memperoleh asupan vitamin ini secara seimbang.

sayur buah oren

  1. Beragam jenis ikan

Ada kabar gembira bagi Anda yang sering mengolah ikan sebagai hidangan utama di rumah. Konsumsi ikan dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin anak, karena ikan kaya kandungan vitamin A dan B yang penting untuk kesehatan mata dan daya tahan tubuh. Vitamin B juga berperan penting untuk memaksimalkan tumbuh kembang otak anak. Kreativitas, konsentrasi, dan daya ingat anak akan semakin baik bila tidak kekurangan asupan vitamin B.

beragam ikan

  1. Kacang-kacangan

Vitamin E dapat membantu menjaga kesehatan kulit anak secara alami. Bekas luka dan gangguan kesehatan kulit lainnya yang dialami anak akan lebih cepat sembuh bila tidak kekurangan vitamin E. Anda bisa mengolah aneka jenis makanan dengan menggunakan bahan dasar kacang-kacangan yang kaya vitamin E. Beragam jenis kacang berupa kacang tanah, edamame, kedelai, kacang hijau, dan kacang merah bisa divariasikan sesuai selera si kecil. Agar tidak mengandung lemak berlebihan, alangkah lebih baik kalau Anda mengolah kacang dengan cara dikukus atau dibuat menjadi sup.

kacang

  1. Produk turunan kedelai

Banyak produk turunan kedelai yang manfaat gizinya tidak kalah dengan kacang kedelai, misalnya susu kedelai, tahu, tempe, dan oncom. Vitamin B yang terkandung dalam produk turunan kedelai akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin anak. Selain vitamin B, produk-produk turunan kedelai juga terdiri dari kandungan isoflavon, mineral, dan berbagai jenis asam amino lainnya. Anda tentu tidak kesulitan memperoleh produk turunan kedelai karena persediaannya mudah didapat dan harganya terjangkau. Tempe, tahu, dan oncom juga sangat mudah diolah menjadi aneka hidangan lezat yang menggugah selera.

produk kedelai

  1. Margarin

Manfaat margarin memang penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin anak. Selain menjadi sumber lemak nabati yang sehat, margarin biasanya juga diperkaya kandungan vitamin lainnya. Sekarang, Anda bisa mengandalkan margarin apa saja untuk membuat aneka makanan bergizi di rumah. Margarin apapun mengandung vitamin A, B1, B2, D, dan E serta mengandung Omega 3 dan 6 dari Canola Oil yang penting untuk daya tahan tubuh si kecil. Tekstur dan aroma margarin akan menyempurnakan berbagai hidangan buatan Anda.

margain

  1. Buah-buahan dengan rasa asam

Bukan rahasia lagi bila buah-buahan bercita rasa asam mengandung banyak vitamin C. Asupan vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Karena vitamin C tidak cuma efektif meminimalkan gejala sariawan, tetapi juga ampuh mencegah peradangan dan infeksi pada tubuh. Beberapa jenis buah yang kaya kandungan vitamin C yaitu mangga, jambu biji, jeruk, dan tomat. Anda bisa menyiasati rasa asam pada buah-buahan tersebut dengan cara mengolahnya menjadi jus, puding, atau es buah. Maka si kecil pun akan menyantapnya dengan lahap.

buah asem

  1. Produk turunan susu

Produk turunan susu biasanya memiliki cita rasa gurih dan disukai anak-anak. Siapa sih yang tidak tergoda dengan kelezatan es krim, keju, dan yogurt? Rupanya produk-produk berbahan dasar susu tersebut tidak hanya lezat dan menggiurkan. Produk turunan susu terdiri dari kandungan vitamin D yang penting untuk tulang dan gigi. Asupan vitamin D dalam jumlah seimbang akan mendukung pertumbuhan tulang dan gigi anak secara maksimal. Sehingga buah hati Anda pun tidak akan mudah mengalami cedera tulang dan sendi.

Produk-Olahan-Susu

  1. Sayuran berwarna pucat

Sayuran yang warnanya pucat memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan sayuran hijau. Contohnya kembang kol dan kubis yang kaya kandungan vitamin K. Manfaat vitamin K memang dianggap tidak sepopuler vitamin lainnya. Namun, kekurangan vitamin K dalam jangka panjang dapat menyebabkan anak mudah mengalami memar dan perdarahan. Karena vitamin K sangat penting untuk mendukung proses pembekuan darah.

sayuran pucat

  1. Aneka buah beri

Keluarga buah berry yang paling populer adalah strawberry. Namun, sebenarnya ada berbagai jenis buah berry lain yaitu blueberry, cranberry, dan raspberry. Buah berry yang bercita rasa asam ternyata kaya kandungan vitamin C, E, dan K. Warna buah berry yang pekat juga menandakan kandungan antosianin dalam jumlah banyak. Antosianin berperan penting sebagai antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas. Jadi, memang tidak mengherankan bila konsumsi buah berry sangat baik untuk menjaga daya tahan dan keseimbangan metabolisme tubuh. Buah berry bisa disajikan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengolahnya menjadi jus, selai, dan topping untuk smoothies.

aneka beri

Memenuhi kebutuhan vitamin anak tidak akan sulit lagi bila Anda mengetahui banyak hal tentang makanan bergizi. Anda akan leluasa membuat kreasi hidangan yang unik dan lezat untuk membangkitkan selera makan si kecil. Tidak hanya menyajikan hidangan utama, Anda pun bisa menyajikan aneka menu camilan sehat dengan penampilan menarik. Jika si kecil menyantap makanan bergizi dengan lahap, Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan proses tumbuh kembangnya.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill