leleh margarin

INI DIA 5 CARA PALING CEPAT UNTUK MELELEHKAN MENTEGA

Untuk membuat kue atau masakan, seringkali kita memerlukan mentega lunak alias mentega lembut yang bersuhu ruang. Sementara, saya pribadi lebih senang menyimpan mentega di dalam kulkas karena jika disimpan di suhu ruang, biasanya lama kelamaan akan berminyak dan ‘benyek’. Permasalahan akan timbul saat saya sedang dalam proses membuat kue dan membutuhkan mentega lunak secepatnya. Padahal saya baru saja ingat kalau menteganya masih di kulkas. Waduh, repot deh kalau begitu. tidak mungkin kan saya berhenti mengadon atau menumis sementara menunggu si mentega jadi lunak?

leleh

So, daripada bingung-bingung, mendingan simak tips di bawah ini mengenai cara-cara yang bisa dilakukan untuk melunakkan mentega dengan cepat.

  1. Potong-potong

Well, sebenarnya cara paling baik supaya mentega lunak saat mau digunakan adalah dengan mengeluarkannya sebelum kita mengadon kue atau memasak bahan masakan. Idealnya, mentega yang sudah beku di kulkas ini bisa dipotong-potong terlebih dahulu lalu didiamkan dalam suhu ruang selama setengah jam. Dengan memotong-motongnya, mentega akan jadi lebih cepat lunak.

Sebelum memotong mentega, pastikan dulu kamu tahu seberapa banyak mentega yang mau digunakan. Supaya mentega yang tidak terpakai bisa dimasukkan kembali ke dalam kulkas. Potong mentega menjadi ukuran kotak-kotak sekitar 2,5 cm dan gunakan pisau yang tajam supaya tidak sulit saat memotong mentega beku.

  1. Giling

Yup, cara yang satu ini juga ampuh untuk melunakkan mentega dengan cepat. Kamu bisa membungkus mentega ini di dalam plastik atau kertas lilin, kemudian giling dengan rolling pin atau penggilas (kalau tidak punya rolling pin bisa juga menggunakan botol kaca). Jangan sampai terlalu tipis menggilasnya karena nanti mentega malah akan meleleh dan menempel di kertas lilin atau plastik. Cukup giling mentega hingga ketebalan sekitar 0,5 cm. Lalu diamkan mentega selama 3-5 menit di suhu ruang.

leleh margarin

  1. Panaskan di atas air mendidih

Teknik ini lebih dikenal dengan metode tim. Sama seperti saat melelehkan coklat. Maksudnya, mentega dipanaskan dalam wadah kering (mangkuk aluminium atau wadah kaca tahan panas) yang diletakkan di atas panci berisi air mendidih. Tapi, pastikan menteganya jangan sampai meleleh, ya. Coba cek dengan cara menekan-nekan menteganya. Kalau sudah lembut, segera angkat dari panci mendidih tersebut.

  1. Dengan gelas panas

Teknik ini termasuk praktis jika hendak melunakkan mentega dengan cepat. Siapkan gelas dan isi dengan air panas, diamkan selama 1-2 menit. Kemudian, potong mentega tapi jangan sampai melebihi ukuran lingkaran mulut gelas. Setelah itu, buang air panas yang ada di dalam gelas. Tutupkan mentega dengan gelas yang masih panas tersebut. Maka mentega akan lunak dalam waktu 2-3 menit saja.

  1. Masukkan dalam microwave

Nah, kalau punya microwave di rumah, proses melunakkan mentega akan lebih cepat lagi. Cukup potong-potong mentega, masukkan dalam wadah, lalu panaskan dalam microwave selama 5 detik saja. Jangan lama-lama ya, nanti menteganya malah akan cair. Jika dalam 5 detik mentega masih beku, coba panaskan lagi selama 5 detik.

 margarin

Itulah tadi cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk melunakkan mentega dengan cepat. Paling mudah ya dengan cara nomor 5, tapi sayangnya tidak semua dapur dilengkapi dengan microwave ini. Tapi, tenang saja karena toh masih ada cara-cara lain yang praktis dan tidak ribet. Saya sendiri paling sering menggunakan cara ke-4, yakni dengan gelas panas. Let’s bake!


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill