kue dongkal

INI DIA 6 CEMILAN KHAS BETAWI YANG BIKIN KAMU KETAGIHAN!

Jakarta atau Betawi dikenal sebagai Ibu Kota, banyak pendatang yang mengadu nasib di kota ini. Di sini tersimpan kekayaan budaya, mulai dari kesenian hingga kuliner yang banyak digemari orang. Masyarakat Betawi terkenal ramah dan santun, begitu juga dengan panganannya yang bikin kamu rindu sama kota ini.

Misalnya ragam camilan khas Betawi yang enak ini ternyata dipelopori dari Tionghoa, Arab dan Belanda. Tak heran banyak camilan dengan cita rasa yang gurih dan enak. Mungkin jajanan atau camilan ini sudah jarang ditemui, kecuali adanya perayaam hari besar. Nah ini dia enam camilan khas Betawi yang tiada duanya.

  1. Kerak telor

Biasanya kamu bisa temui di kawasan Kota Tua atau saat adanya Pekan Raya Jakarta. Camilan ini dibuat dari nasi yang dicampur dengan bumbu racikan dan telur (bisa ayam maupun telur bebek). Adonan diaduk kemudian dimasak di atas kuali kecil yang ada baranya hingga menjadi kerak, setelah matang kerak telor ditaburi serundeng dan bawang goreng.

kerak telor

  1. Kue rangi

Nah, jajanan satu ini dibuat dari tepung beras dan dipanggang di atas cetakan khusus. Kue rangi dimasak dengan api kecil hingga matang, kue dimakan dengan lelehan gula merah cair, mmmm enak banget.

rangi

  1. Kue pancong

Kalau kue yang satu ini nyaris sama seperti kue rangi karena bentuk dan cara membuatnya sama. Bedanya kue rangi dimakan dengan gula merah cair, sedangkan kue pancong dimakan dengan taburan gula pasir di atasnya.

kue pancong

  1. Kue dongkal

Mungkin kue ini sudah jarang ditemui kecuali pada perayaan tertentu saja. Kue dongkal dibuat dari tepung beras, kemudian diisi dengan gula aren lalu adonan yang sudah jadi dibentuk seperti tumbeng atau dicetak menurut selera, dilapisi daun pisang kemudian dikukus hingga matang.

kue dongkal

  1. Wajik

Cemilan ini dibuat dari beras ketan dan beras merah. Biasanya wajik dihidangkan saat perayaan hari raya, seserahan saat lamaran dan prosesi pernikahan adat Betawi.

wajik

  1. Kembang goyang

Nah, kalau camilan ini dibuat dari tepung beras, gula, telur, santan dan mintak goreng. Masukkan adonan dalam cetakan bentuk kembang, kemudian celupkan cetakan pada mintak panas sambil digoyangkan hingga adonan lepas.

kembang goyang

Waah ternyata cara membuat jajanan Betawi unik dan menarik yah, soal rasa jangan ditanya udah pasti bikin kamu ketagihan.


Leave Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

All rights reserved © PT Sriboga Flour Mill